UC Browser app install

Tips Sebelum Menginstal Sistem Operasi Windows

| | 128 Komentar
Tips Sebelum Menginstal Sistem Operasi Windows pada komputerTips Sebelum Menginstal Sistem Operasi Windows. Pengguna komputer makin hari makin meningkat. Pengguna teknologi ini hampir sudah menyentuh semua kalangan dan penggunaannya sudah tersebar diberbagai bidang mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, politik, desain grafis, bisnis dan berbagai bidang lainnya sehingga perkembangan teknologi ini dikelompokan dalam beberapa generasi mulai dari generasi pertama sampai generasi kelima yang sementara dirancang teknologinya dan sekedar informasi buat Anda yang sempat membaca tulisan ini bahwa salah satu negara yang turut serta dalam perancangan teknologi komputer generasi kelima ini adalah negara Jepang. Untuk hal ini saya kira kita sudah sama-sama mengetahuinya dan saya tak perlu lagi untuk menjelaskannya panjang lebar.

Sehubungan dengan pengguna teknologi komputer, ada satu hal yang masih menjadi pertanyaan saya hingga detik ini yaitu apakah masing-masing pengguna teknologi ini sudah mampu memasang atau menginstal sendiri sistem operasi pada komputernya?. Saya tak mungkin bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban ya atau tidak kan. Jawabannya saya kembalikan saja pada Anda yang sementara membaca tulisan ini. Sistem operasi yang saya maksud di sini adalah sistem operasi windows produk dari Microsoft mulai dari versi pertamanya hingga saat ini tapi yang menjadi fokus pembahasan saya kali ini yaitu pada Windows XP, windows vista, Windows 7 dan windows 8.

Dari beberapa versi sistem operasi windows yang sudah saya sebutkan di atas, pada dasarnya persiapan yang harus kita lakukan sebelum menginstalnya tidak akan jauh beda hanya saja ada akan sedikit berbeda nanti pada saat proses instalasinya yang sementara berlangsung dan untuk beberapa persiapan yang akan saya jelaskan sebentar, saya gabungkan saja pada saat kita mau memasang atau menginstal sistem operasi windows pada PC dan laptop. Adapun beberapa persiapan yang harus kita pahami sebelum menginstal sistem operasi windows pada PC atau laptop adalah sebagai berikut :
  • Hal pertama dan paling utama yang mesti dipersiapkan sebelum melakukan penginstalan sistem operasi windows pada komputer adalah program sistem operasi windows-nya entah itu dalam bentuk kaset ataupun dalam bentuk file ISO. File ISO saya maksudkan jika Anda akan menginstal sistem oprasi windows-nya lwat flashdisk. Kalau belum punya program OS Windows-nya, silahkan beli kasetnya atau silahkan cari di google dan download OS windows-nya. Bagi Anda yang akan menginstal OS Windows lewat flashdisk berarti ada beberapa hal lagi yang harus Anda ketahui dan beberapa hal tersebut mudah-mudahan akan saya bahas pada poastingan selanjutnya. Perlu diketahu pula bahwa masing-masing sistem operasi membutuhkan spesifikasi hardware (perangkat keras) komputer yang berbeda-beda mulai dari space Hardisk Drive, memori, VGA dan prosessor. Saya misalkan saja jika OS windows yang akan Anda instal adalah sistem operasi windows 8, maka spesifikasi yang dibutuhkan oleh sistem operasi ini yaitu untuk (Windows 8 32 Bit) : Prosesor : 1GHz atau lebih tinggi lebih baik, RAM / memori : 1GB, Hard disk space : 16GB, VGA atau Video card mendukung fitur Microsoft DirectX 9 atau lebih tinggi, Windows 8 32bit hanya mendukung RAM hingga 3GB. Untuk (Windows 8 64 Bit) : Prosesor : 1GHz atau lebih tinggi lebih baik, RAM / memori : 2GB, Hard disk space : 20GB, VGA atau Video card mendukung fitur Microsoft DirectX 9 disarankan lebih tinggi, Untuk RAM, Windows 8 64bit bisa lebih besar dari 3GB. kalau anda ingin Windows 8 berjalan dengan lancar, disarankan menggunakan RAM di atas 2GB. Seperti itulah spesifikasi hardware yang perlu diperhatikan.
  • Setelah program sistem operasi windows-nya sudah ada maka hal selanjutnya yang perlu kita perhatikan yaitu memeriksa beberapa perangkat komputer yang akan kita gunakan sebagai media instalasinya seperti CD/DVD Rom komputer. Apa masih bagus proses pembacaan pada kasetnya atau sudah tidak bagus karena jangan sampai hal ini membuat proses penginstalannya menjadi lambat atau malah gagal terus. Cara ceknya tinggal jalankan saja komputernya terus masukan kaset windows-nya. Jika berhasil terbaca maka proses instalnya mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar nanti.
  • Hal selanjutnya yang mesti diperhatikan juga yaitu apakah komputer Anda menggunakan sistem 32 Bit atau 64 Bit. Jika komputer Anda menggunakan sistem 32 bit berarti sistem operasi windows yang Anda gunakan harus versi 32 bit juga begitupun juga dengan 64 bit. Untuk cara mengetahui apakah komputer Anda masih menggunakan sistem 32 bit atau sudah menggunakan sistem 64 bit, silahkan menuju halaman ini : Cara Mengetahui Sistem 32 Bit atau 64 Bit pada komputer.

    Tips Sebelum Menginstal Sistem Operasi Windows pada komputer

    Untuk hal 32 bit dan 64 bit ini, mungkin kita bisa mendiskusikannya lebih jauh lewat komentar di bawah postingan ini soalnya jika saya jelaskan lebih detail lagi maka tulisannya akan semakin panjang nanti dan jangan sampai membuat Anda jadi bosan membaca tulisan ini. :-)
  • Hal selanjutnya yang mesti kita ketahui sebelum menginstal sistem operasi windows pada komputer adalah pemahaman kita tentang BIOS (Basic Input Output System). Kenapa saya menyarankan pada Anda untuk memahami bagian yang satu ini pada sistem komputer Anda, soalnya jika Anda belum memahami apa dan kenapa terus bagaimana melakukan pengaturan pada BIOS komputer atau setidaknya sudah mengetahui cara masuk pada BIOS ini, saya yakin proses instal windows tidak akan pernah berhasil alias gagal maning son. :-D. Beberapa hal yang perlu diketahui pada BIOS yaitu mulai dari cara masuknya, melakukan pengaturan pada bagian Boot Device Priority dan lain sebagainya.

    Tips Sebelum Menginstal Sistem Operasi Windows pada komputer

    Agak susah memang bagi saya untuk menjelaskan hal ini tanpa ada gambar contoh beberapa tampilan BIOS pada masing-masing PC/Laptop soalnya masing-masing komputer berbeda-beda tampilan dan susunan perintahnya tapi mudah-mudahan dengan penjelasan singkat tentang BIOS ini Anda sudah bisa mengambil gambaran awal tentang BIOS. ^_^
  • Setelah kita sudah memahami dengan baik apa yang harus kita lakukan pada BIOS komputer maka proses instal windows sudah bisa dipastikan akan sedikit berjalan lancar dan menurut saya untuk sementara itu saja hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan penginstalan sistem operasi windows pada komputer dan jika ada yang mau menambahkan, silahkan sob.
  • Sekedar tambahan saja, siapkan juga kaset driver dari PC/laptop Anda soalnya biasanya setelah proses instal selesai, ada beberapa hardware komputer yang mesti diinstal lagi aplikasi drivernya utamanya pada windows xp dan beberapa versi windows 7 yang saya temukan tapi untuk windows 8 kayaknya semua driver-nya akan terinstal semuanya bersamaan dengan pada saat proses instal sistem operasinya dan jika sudah tidak ada kaset drivernya, masih bisa kita lakukan proses instal drivernya dengan cara menggunakan fitur update windows otomatis yang sudah ada fiturnya pada sistem operasi windows khususnya windows vista, windows 7 dan windows 8.
  • Sekedar tambahan tips lagi sebelum melakukan penginstalan OS windows pada komputer, silahkan dibackup dulu data-data di komputernya. Biasanya data-data yang musti dibackup yaitu data-data yang berada di folder Libraries pada windows 7 dan windows 8 dan untuk windos xp, backup data-data yang ada di folder my document. Makasih buat Mas Tiyo Kamtiyono yang sudah mengingatkan saya akan hal ini.
Beberapa tips sebelum menginstal sistem operasi windows pada komputer yang sudah saya jelaskan di atas hanyalah sebagian dari sekian banyaknya persiapan yang harus Anda pahami. Itupun jika Anda ingin menginstal sendiri OS windows-nya pada komputer Anda.

Demikian informasi dari saya kali ini tentang tips sebelum menginstal sistem operasi windows pada komputer. Semoga apa yang sudah saya informasikan pada tulisan kali ini bisa memberikan gambaran awal untuk Anda yang lagi cari informasi tentang topik ini dan jika masih ada hal-hal yang perlu ditambahkan sehubungan dengan persiapan sebelum menginstal sistem operasi windows pada komputer, silahkan sampaikan lewat komentar di bawah postingan ini nanti pendapatnya saya tambahkan pada poin-poin yang sudah saya tuliskan sebelumnya dan sekalian saya akan sertakan dengan link blognya pada poin tersebut. Gimana ada yang mau tambahkan?

Bagikan :
Jika Anda menyukai informasi yang ada di blog ini, silahkan daftarkan email Anda untuk berlangganan informasi terbaru via email dengan begitu Anda akan mendapat kiriman informasi setiap ada postingan terbaru yang terbit dari blog Tips Trik Komputer. Sebelum berlangganan artikel terbaru dengan blog ini, silakan baca dulu Cara Berlangganan Artikel Blog. Terima kasih sudah berlangganan postingan terbaru dari blog ini.
Blog Tips Trik Komputer Via Subcribe

128 Komentar : Tips Sebelum Menginstal Sistem Operasi Windows

Tiyo Kamtiyono delete 11/16/13, 3:53 AM

Sedikit nambahi saja mas, kalau mau install ulang di komputer yang sekarang sudah dipakai, jangan lupa untuk mengadakan backup data :)

Ainnul Yaqin delete 11/16/13, 10:44 AM

Wahhh Jadi Gitu yahh cara Nginstal Windows Dengan Baik Dan Benar Hmm .. Jujur saya Baru tahu nih mas hehee
Saya Izin Copy yah gan tipsnya Buat bahan Pembelajaran hehe

Agung Talaga delete 11/16/13, 5:15 PM

Hahahaha... iya mas, kok saya malah lupakan hal penting itu ya padahal saya udah pikirkan sebelumnya untuk menyertakan tips itu. Makasih mas sudah mengingatkan saya dan nanti saya edit lagi postnya trus saya tambahkan poin itu sekalian saya sisipkan link blognya mas di poin tsb. Kan saya udah janji.. :)

Agung Talaga delete 11/16/13, 5:17 PM

Yang saya jelasin di atas bukan cara nginstal windowsnya sob tapi beberapa tips yang harus kita pahami sebelum melakukan penginstal OS windows pada komputer. Untuk cara instal windows, saya kira sobat udah lebih mahir dari saya kan.. :)

Wahyu Eka Prasetiyarini delete 11/17/13, 7:53 AM

Wah saya termasuk orang yang nggak bisa melakukan install windows sendiri mas, soalnya nggak paham hehe :D
Kalau dulu, pas pakai pc, kalau rusak, langsung saya bawa ke tukang service hehehe :D
Kalau sekarang sudah pakai laptop, alhamdulillah belum pernah rusak :)

Agung Talaga delete 11/17/13, 10:14 PM

Tidak apa-apa kalau belum paham tapi masih ada kemauannya kan untuk mempelajari hal itu. Setidaknya tidak hanya mau tahu beres saja apa yang dilakukan oleh tukang servis PC atau laptopnya nanti minimal ditanya apa yg mereka udah lakukan pada laptopnya mba.

andydesain.com delete 11/19/13, 7:49 PM

kalau soal komputer sobat Agung ini benar2 jago'nya,, saya dulu kuliah di AMIK,, tiap hari praktek komputer,, tapi gak paham2 soal komputer,, malah senang menggambar,,, saya jadi ingat ada mata kuliah program pascal, yang ngajar dosen'nya cantik n manis,, saya jadi semangat klau udah ada mata kuliah pascal, jadi nilai saya yang paling bagus cuma program pascal, setelah selesai kuliah lupa lagi dengan program pascal,, hahahaa.. untung'nya aja saya bisa lulus kuliah.. saya jadi ikut2an curhat deh.. ^_^

Andy Borneo delete 11/19/13, 7:51 PM

sekarang kalau rusak bawa aja ke sobat Agung.. hehehe.. oh iya sekalian senggol yang disini.. ^_^

Agung Talaga delete 11/19/13, 9:33 PM

Hahahaha... sobat bisa aja nih. Saya kira di kotanya Mba Rini banyak sekali yang lebih ahli dari saya sob. Saya mah cuman amatiran aja nih.. :D

Agung Talaga delete 11/19/13, 9:37 PM

Hahahaha... balas curhat nih ceritanya. Ooo.. sobat alumni AMIK ya. Pascal memang dulu masih angat2nya dipelajari dan masih banayk digunakan dibeberapa aplikasi penjualan yg saya lihat di kota makassar waktu dulu tapi sekarang, program ini sudah banyak yang menggantikannya. Hmm.. kok malah ngomongin si Pascal ya. Makasih ya sob udah menyempatkan waktunya untuk berkunjung di halaman ini..

Em Albar delete 11/20/13, 10:53 AM

mantap sob, Alhamdulillah saya udah bisa

karristaent delete 11/20/13, 4:57 PM

Salam kenal Mas Agung, ijin simak artikel bermanfaat ini
Tentang Komputer, sangat bermanfaat buat saya bisa nambah
Pengetahuan buat saya. ijin follow Blog dan gooogle + nya Mas
Motivasi dan pendapatnya ditunggu di blog saya. :)

Wahyu Eka Prasetiyarini delete 11/20/13, 8:26 PM

Mungkin harus belajar secara otodidak kali ya mas biar bisa paham tentang seluk beluk komputer, soalnya saya dulu nggak ambil jurusan komputer hehehe :D
Ngeblog juga belajar otodidak. Agak pusing sih. Terutama dalam soal script-script HTML atau apa itu nama nya hehehe css :D

Agung Talaga delete 11/20/13, 11:09 PM

Syukur alhamdulillah ya kalau sobat udah bisa paham dan menerapkan semuanya pada saat mau menginstal windows pada PC atau laptop nya.. :D

Agung Talaga delete 11/20/13, 11:14 PM

Salam kenal juga sob dan makasih atas kunjungannya ya.. :D Oke sob nanti saya follow balik blognya serta google plus nya juga. Ok sob nanti saya usahakan untuk berkunjung ke blognya. Ditunggu kedatangan saya ya.. :D

Agung Talaga delete 11/20/13, 11:37 PM

Kalau ada kemauan pasti akan ada jalan untuk hal itu sob. Sama halnya juga ketika sobat ada kemauan untuk mempelajari lebih dalam apa yang sudah saya jelaskan di atas pasti akan ada jalan keluarnya nanti. Tinggal cari2 saja informasinya dan dipelajari dan dipraktekkan deh. :)

Haikal Sulaiman delete 11/21/13, 8:30 PM

terima kasih sudah mengingatkan para pengunjung untuk membackup sebelum melakukan penginstalan.

Rohis Facebook delete 11/22/13, 8:30 AM

sy msh pake XP.., tulisan sobat bagus sebagai referensi, sapa tau aja sy mau ganti ke win8 makasih *smile

Agung Talaga delete 11/22/13, 9:13 PM

Sama-sama sob dan makasih udah mampir di halaman ini ya.. :D

Agung Talaga delete 11/22/13, 9:14 PM

Ooo.. sobat masih pake windws xp ya. Silahkan dipraktekkan aja beberapa persiapan yg udah saya jelaskan di atas sob sebelum menginstal ulang windows xp di komputernya atau mau menginstal windows 8 di komputernya nanti. Makasih sudah mampir di halaman ini

Leony Li delete 11/25/13, 7:07 AM

wah.. kalau yang ginian saya mah bingung kang

Zei Fhend delete 11/26/13, 3:39 AM

sy sangat kesal dengan app search.snapdo yg nenpel di windows 8 sy. ada yg bisa bantu hilangin itu snapdu..

Agung Talaga delete 11/26/13, 12:47 PM

Tidak apa-apa kalau masih bingung kang yang penting masih ada kemauan untuk mempelajari hal-hal seperti yang sudah saya jelaskan di atas. O iya, makasih atas kunjungannya. =D

Agung Talaga delete 11/26/13, 12:49 PM

Wah.. kalau windows 8 saya belum terlalu bersentuhan dengannya sob soalnya di PC saya masih menggunakan windows 7 Ultimate sp 1. Saya baru akan mulai bahas windows 8 nanti jika di PC saya udah terpasang windows 8 nya. :(

Penghuni 60 delete 11/27/13, 5:48 PM

waduh, jujur sob, kalo soal instal menginstall aku lebih milih serahin ke temanku aja deh... tp utk skrg2 sih aku mulai bisa tuh bongkar pasang komponen kompi sedikit2, hehe...
^_^

aku save ya sob, siapa tau utk blajar nanti

Agung Talaga delete 11/27/13, 6:21 PM

Silahkan disave sob dan mudah2an bisa bermanfaat nantinya buat sobat apa yang sudah saya jelaskan di atas. Makasih ya atas kunjungan dan komentarnya di halaman ini.. :-bd

syafar mapalang delete 11/27/13, 6:53 PM

Infonya sangat membantu, apalagi seperti saya ini sering kelupaan backup datanya kalau mau install.
Terima kasih sodara Agung Talaga sudah mengingatkan... keep smile :)

Adjie Umbara delete 11/27/13, 8:49 PM

Tipsnya sangat membantu gan, terimakasih...

Agung Talaga delete 11/27/13, 9:00 PM

Syukurlah kalau sudah membantumu ya sob dan sebaiknya memang begitu sob. Backup dulu data2 yang ada di folder Libraries pada windows 7 dan windows 8 dan untuk windos xp, backup data-data yang ada di folder my document. Makasih atas kunjungan dan komentarnya sob.. :-bd

uzumaki machil delete 11/27/13, 9:01 PM

makasih yach kanda
sukes dech...
nant bisa face 2 face belajar_nya kagh ??? :D

Agung Talaga delete 11/27/13, 9:13 PM

Biasa saja kali sob tapi syukurlah klau informasi di atas sudah membantu sobat. OK, sama-sama sob dan makasih juga atas kunjungan dan tanggapannya.. =D

Agung Talaga delete 11/27/13, 9:14 PM

Sama-sama, Dinda. Makasih atas supportnya. Kalau mau belajar, datang saja tapi sebelum datang belajar, persiapkan memang coto makassar-nya.. =D

indexiapk delete 11/28/13, 6:18 AM

nice tips kang,,

btw, salam kenal ya kang, ini kunjungan pertama saya diblog ini..

Agung Talaga delete 11/28/13, 7:03 AM

Salam kenal juga Kang dan makasih atas kunjungan pertamanya, Lain kali mampir lagi ya kalau ada waktu luangnya.. =D

Asep Haryono delete 11/28/13, 11:35 AM

Selama ini sih kalau install WINDOWS, saya harus pastikan dulu file file apa saja yang rusak atau CORUPT. Soalnya menyangkut data juga sih. Tapi tenang soalnya dekat rumah ada ada Bengkel CPU atau bengkel plus reparasi software dan hardware. Minta di Installkan ulang. Tentunya back up data terlebih dahulu. Mau install sendiri takut salah produser eh prosedur hiehheiheiheiheiee

Agung Talaga delete 11/29/13, 4:17 AM

Hahahahaha... baguslah kalau dekat rumah sudah ada tempat seperti itu sob jadi nggak usah jauh2 lagi ke tempat servis untuk nginstal ulang sistem operasi di komputernya. Makasih atas kunjungan dan komentarnya sob.. :-bd

Penghuni 60 delete 11/30/13, 9:55 AM

Mampir lg sob, tp OOT ya, sekedar mau ucapin selamat, blogmu ini terpilih menjadi "Guest This Week"nya Penghuni 60, alias bakal dipajang dihalaman dpn selama seminggu full.
cek di sidebar kanan atas ya... semoga bermanfaat ^_^

De Widiani delete 11/30/13, 3:01 PM

Foto sobat yang ada di postingan atas unyu banget, hehe *salah fokus*
Terima kasih tipsnya, jadi menambah pengetahuan saya :D

Agung Talaga delete 11/30/13, 3:43 PM

Wah.. masa sih sob. Mank apaan sih kriterianya supaya blog kita nongol terus di widget blognya sobat yang itu? Btw, makasih ya sob udah susah2 datang di blog ini untuk kasih tahu saya tentang hal ini nanti saya berkunjung ke sana dan coba lihat blog saya yang terpasang di widget itu.

Agung Talaga delete 11/30/13, 3:51 PM

Hahahahaha.... kok sobat mlah perhatikan foto itu sih. Itu foto waktu kerja bakti di depan kantor desa di lokasi saya KK (Kuliah Kerja Nyata) kemarin. Saya suruh teman posko untuk foto saya seperti itu.. =D O iya, makasih ya sob atas kunjungannya. Lain kali mampir lagi ya.. :D

Mohammad Fanirifanto delete 11/30/13, 6:10 PM

Nambah pengetahuan baru bagi saya ... :)
Thank's mas .. komputer yg saya pakai sudah terinstall Win 7 nya. jadi saya tinggal gunakan mas ... Apa kabar ini mas ?

Agung Talaga delete 12/1/13, 7:19 AM

Saya kira udah pake windows 8 tadi komputernya mas tapi ternyata masih pake windos 7 ya. Kabar saya alhamdulillah baik2 aja mas. Makasih atas kunjungan dan waktu luangnya di halaman ini.. =D

Wahyu Eka Prasetiyarini delete 12/2/13, 1:12 PM

Belajar sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit ya mas. hehe :)

Agung Talaga delete 12/2/13, 1:30 PM

Betul sekali sob.. :)

rozikin roz delete 12/2/13, 10:45 PM

Ikut nyimak ya sob, sambil belajar memahami cara-caranya, karna aku memang kurang paham untuk urusan yang satu ini. Sekalian di bookmark biar nanti gampang kalo lupa. Semoga sukses selalu sobat.

Agung Talaga delete 12/3/13, 6:21 PM

Silahkan ikutan sob mumpung lagi rame nih. Silahkan dibookmark informasi di atas sob dan smoga bisa membantu nantinya. Makasih atas kunjungan dan komentarnya sob.. ^_^

Muh Hendrik delete 12/5/13, 11:34 AM

Saya sudah lama bahkan bertahun-tahun menggunakan komputer, namun sampai sekaranpun masih belum pernah instal sendiri windows. hehe.
Sedikit pencerahan dari artikel ini, bisa saya coba kalau ada kesempatan

Agung Talaga delete 12/5/13, 2:51 PM

Silahkan dicoba sob dan bila perlu jgn lupa untuk bertanya pada orang yang udah pengalaman dalam hal ini soalnya jgn sampai terjadi hal-hal yang tidak dinginkan misalnya data-data pada komputer sobat malah terformat semuanya. Makasih atas kunjungan dan komentarnya sob.. :D

syafar mapalang delete 12/6/13, 6:47 PM

Iya sob, terima kasih atas pengingatnya....
Mulai sekarang udah mawas diri sebelum terjadi hal2 yang tidak diinginkan... :)

Agung Talaga delete 12/6/13, 7:32 PM

Sakit bangat rasanya sob kalau data2 yang kita udah anggap sangat penting tiba2 ilang begitu aj akibat kelalaian kita dalam memperhatikan hal2 seperti yang saya jelaskan di atas. Ibaratnya sedia payung sebelum hujan kan.. =D

Nnatural Hut delete 12/6/13, 9:41 PM

terima kasih atas informasi yang baik

Agung Talaga delete 12/6/13, 10:08 PM

Sama-sama dan makasih ya atas kunjungannya di halaman ini.. :-bd

kamuslife.com delete 12/7/13, 9:46 AM

Mas agung, penting nggak sih masukin product key waktu menginstal window? terkadang kan ada yang minya tuh...
thx

Saud Karrysta delete 12/8/13, 8:27 AM

Selamat Pagi jelang sianag Mas Agung yang baik hati sudah berbagi
Tips sebelum install system operasi windows sangat komplit lukas
Terperinci sampai say bacanya aja lumayan cape apa lagi yang nulisnya
Salam Hormat selalu Mas Agung . juga buat Sobat semua :)

Agung Talaga delete 12/8/13, 6:53 PM

Kan product Key dari windows tsb untuk menjadikan windows yang kita pakai berstatus genuine atau windows aseli dan bukan bajakan. Jika sobat udah beli windows asli pasti akan ada product key-nya itu tapi untuk menggunakan windows bajakan dan pada saat nginstal, ada tahap instal memang yang menyediakan kolom untuk memasukan product key dari windows yang kita pakai tsb tapi kan tahap itu bisa kita lewati saja (berdasarkan pengalaman pada saat instal windows) dan setelah selesai proses instalnya, windows tsb bisa kita aktivasi dengan menggunakan software activator supaya windows yg kita gunakan nggak berstatus trial version alias 30 hari aja pemakaiannya.

Agung Talaga delete 12/8/13, 6:56 PM

Selamat sore menjelang maghrib mas yang baik hati dan tidak sombong serta tidak pernah makan sabun colek.. =D Makasih atas kunjungan dan komentarnya di halaman ini. Ya namanya juga lagi semangat2nya pada saat nulis tpik ini mas jadinya mengalir begitu saja deh apa yang mau saya tulis tapi kayaknya terlalu panjang ya sehingga mungkin membuat pembaca tulisan ini akan cepat bosan nantinya.

Rohis Facebook delete 12/10/13, 12:42 PM

sy msh bertahap di XP2 hehe., makasih infox ya.. *smile

Agung Talaga delete 12/10/13, 10:05 PM

Tidak apa-apa kalau sobat masih pake win xp2 karena tidak ada paksaan untuk segera menggunakn windows 7 atau windows 8. Itu pilihan sobat.. ^_^

Munawir Alfikri delete 12/11/13, 3:07 PM

terima kasih banyak mas info nya, kebetulan nih saya sering menginstallkan laptop temen2 saya :)

Salam kenal

Ibrahim Sukman delete 12/11/13, 11:15 PM

Jujur saja om? beberapa kali ganti laptop, selalu teman yang menginstal windows. Blog ini sudah lama saya tongkrongi sebenarnya, tapi soal komputer dan variannya, sepertinya butuh praktek ya om?

Agung Talaga delete 12/12/13, 1:03 AM

Sama-sama sob. Yang sering nginstal kompute pasti udah makan asam garam ama hal2 yg udah saya jelasin di atas. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.. :-bd

Agung Talaga delete 12/12/13, 1:05 AM

Ha.... sobat udah lama tongkrongi blog ini. Makasih banyak kalau begitu sob. Mudah2an apa yang saya udah share lewat blog ini bisa memberikan manfaat buat sobat2 yang sempat membacanya. :)

Dwi Alfina delete 12/12/13, 10:51 AM

saya gak pernah instal windows sendiri gan, biasanya minta instalin sama mas yg jualan laptop :D

Penghuni 60 delete 12/12/13, 4:07 PM

psot barunya blm ada ya sob?

Agung Talaga delete 12/12/13, 6:10 PM

Yang penting mas2nya jgn sekalian jual laptopnya sobat juga ya.. =D

Agung Talaga delete 12/12/13, 6:46 PM

Belum sempat saya publish sob. Udah ada sih di draftnya tapi nggak tau knapa muncul lagi nih rasa malas saya untuk berurusan dengan halaman membuat tulisan baru.. :(

Syaifurrahman delete 12/15/13, 3:17 PM

Mantab gan sharingnya, akhirnya bisa juga instal ulang gan, tapi sebaiknya di backup dulu datanya sebelum stal ulang gan :)

Agung Talaga delete 12/15/13, 3:21 PM

Kayaknya ada penjelasan saya di atas yang sobat lewatkan deh soalnya komentarnya seperti itu tapi thankslah atas kunjungan dan komentarnya. =D

Indri Lidiawati delete 12/15/13, 4:41 PM

saya juga pernah mengunstal ulang windows saya sendiri mas, bahkan dua kali :P
tapi akhirnya rusak windows saya karena pernah tertindih dikira bantal tidur, hehehe :D
makasih sharingnya yg bermanfaat ^^

Saud Karrysta delete 12/15/13, 4:52 PM

Selamat sore Mas Agung dayang lagi akah Gak Bosan
Saya belajar opraso windpws ini kebetulan Kompi
Saya mau d install perlu 5 X Baca atau lebih nih untuk
Memahami trik dari Mas Agung ini. Maklum Mas otak saya
Masih Pentium jadul jadi gak secepat Mas Agung yang keren ini =D
Saya mah dengan hal yang baru gampang gak kompatible mohon
Bimbingan deh Makasih info dan trik nya saya nilai 10 + :-bd

Saud Karrysta delete 12/15/13, 4:53 PM

Gak bosan deh Mas malah seneng kesanya jadi
Gimanaaaaaa gitu :D Lhooooo koq Mas Agung
Tau sih saya suka Sabun Cream? kenapa coba? =D

Agung Talaga delete 12/15/13, 6:56 PM

Hahahahah... kok bisa kaset windowsnya dikira bantal sih mba. :D Syukurlah kalau udah bisa instal sendiri windows di komputernya.. :-bd

Agung Talaga delete 12/15/13, 6:59 PM

Syukurlah kalau mas ternyata suka dengan sabun cream. Wkwkwkwkwk... O iya, makasih atas kunjungannya dan sekalian minta maaf belum bisa menghadirkan tulisan baru di blog saya ini.. :(

Agung Talaga delete 12/15/13, 7:03 PM

Selamat sore juga menjelang malam sob =D Silahkan bertanya saja sob kalau ada kendalanya nanti pada saat mau instal ulang windows di komputernya. Saya akan siap 24 jam untuk membantu sobat yang penting masih ada pulsa modem saya untuk online. =D

Marnes Kliker delete 12/16/13, 6:51 PM

Terimakasih mas Agung atas sharing infonya, sangat bermanfaat banget nie, kebetulan saya paling sering banget yang namanya install ulang windows :)

Agung Talaga delete 12/20/13, 8:11 AM

Sama-sama mas dan jangan sungkan untuk berbagi pengalaman lewat blognya ya jika ada tips dan trik baru seputar penginstalan windows pada komputer. Makasih juga atas kunjungan dan tanggapannya untuk informasi di atas. :)

De Widiani delete 1/4/14, 2:44 AM

iya sama-sama... pastinya, ini mampir lagi :)

oh, tapi terlihat seperti sedang berlibur, duduk-duduk ditaman, tidak seperti sedang kerja bakti

Maulana Ahsan delete 1/4/14, 3:03 PM

OWALAH begitu too, thnk u ms infonya
sangat bermanfaat dan mambantu,, hehe

Agung Talaga delete 1/4/14, 11:27 PM

Sebetulnya beberapa hal yg saya jelasin di atas hanyalah sebagian dari beberapa persiapan yg harus kita lakukan sob. Syukurlah kalau sdh bermanfaat buat sobat. Makasih atas kunjungannya di halaman ini.. =D

sitir robiah delete 1/6/14, 2:52 PM

sekarang lebih menarik lagi yach

Agung Talaga delete 1/7/14, 3:36 AM

Apanya yang lebih menarik lagi sob? =D

Tari Cici delete 1/7/14, 2:54 PM

saya dari dulu tdk bisa2 install windows... ujung2nya tetangga saya suruh, maklum modal rokok 1 bungkus.. hehehe...

Agung Talaga delete 1/7/14, 6:01 PM

Hahahaha.... Saya juga biasa langsung dikasih rokok 1 bungkus ama teman yg datang baa laptopnya untuk saya instalkan tapi kapan saya ditanya berapa ongkos instalnya, ya saya sebut saja ongkosnya yg sesuai dengan biaya di tempat servis2 komputer. Kalau bukan 50 ribu ya 80 ribu. =D

Indra Kusuma delete 1/8/14, 5:53 PM

mantep mas tipsnya.. tapi sayangnya cd installer windows yang asli sangat mahal bagi saya.. jadi lebih baik menggunkan linux deh.. :D
makasih tipsnya mas..

Agung Talaga delete 1/9/14, 3:46 AM

Iya sob mahal bangat cd instalernya buat saya juga dan sekarang saya masih pake yg ba****nya. =D Untuk linux memang menjadi salah satu os rekomendasi bagi saya untuk menggunakannya tapi sayang sekali belum banyak yg mengerti untuk mengoperasikan os yg satu ini ya sob. Btw, sobat pake distro linux apa di komputernya?

Indra Kusuma delete 1/9/14, 4:08 PM

Saya memakai Linux Ubuntu versi 13.04 mas.. lumayan enak mas.. dan tidak terbayang2 dari microsoft :D dan kalau saya meh pakai aplikasi windows, saya pakai emulator.. :D

Agung Talaga delete 1/9/14, 4:39 PM

Itu versi terbarunya ya sob? Mantaplah kalau begitu. Saya sebelum2nya pake juga ubuntu tapi semenjak laptop saya rusak dan mulai menggunakan PC, saya udah malas untuk pake dual boot.

Indra Kusuma delete 1/9/14, 5:54 PM

bukan mas.. yang terbaru versi 13.10.. tapi dari versi yg saya pakai, yg terbaru hanya mengalami update sedikit.. :) hmm.. iya mas.. :-)

Agung Talaga delete 1/9/14, 6:08 PM

Waktu koneksi internetnya masih pake SSH kemarin, saya sempat niat mau download ubuntu versi terbarunya sekedar melengkapi koleksi distro linux di HD eksternal saya tapi malah modem T Sel Flash saya yg keburu rusak dan sdh nggak bisa sama sekali digunakan akhirnya belum jadi deh untuk donloadn ubuntu versi terbarunya. =D Terakhir thankslah udah mau ikutan nimbrung di halaman ini dan makasih atas kunjungan dan masukannya buat saya.. :-bd

Indra Kusuma delete 1/9/14, 7:45 PM

hehehe.. iya mas.. apalagi telkomsel tsel susah dierortin SC nya.. :D siip mas.. salam sukses mas.. salam blogger indonesia.. :D

Agung Talaga delete 1/9/14, 8:18 PM

Saya berkunjung ke blognya sobat tadi dan saya lihat ada postingan2 tentng injek operator. Kayaknya bisa jadi tempat khusus itu untuk nyari injek terbaru kalau udah mulai pake ssh lagi... =D

Indra Kusuma delete 1/10/14, 5:21 PM

makasih sudah berkunjung mas.. :)
iya, soalnya saya juga gretongers.. :D
mahal mas kalau beli kuota atau beli paket bulanan.. :D
siip deh mas..:)

Penghuni 60 delete 1/19/14, 10:21 AM

kalo yg asli emang mahal sob, saya jg gak pake yg asli... hehe

De Widiani delete 1/22/14, 4:02 PM

Sekedar mampir, laporan mu izin baca-baca :)

Prapto Ari Perwira delete 1/23/14, 2:57 AM

saya mah pakai yang aspal mas, dan biasanya melakukan install ulang jika OS setelah saya update online dan load jadi berat tak seperti awalnya, akhirnya install ulang deh, tapi maksa pakai yang 32bit :-)

Agung Talaga delete 1/23/14, 7:03 PM

Iya sb indos aseli itu memang mahal bagi yg belum mampu untuk membeli yg aslinya. Saya pake windows asli tapi product key-nya saja yg nda aseli.. =D

Agung Talaga delete 1/23/14, 7:04 PM

Sering mampir juga nggak apa2 kok sob yang penting sebelum meninggalkan halaman blog ini, jangan lupa sedekahnya ya.. =D

Agung Talaga delete 1/23/14, 7:06 PM

Kalau sobat belum mampu beli lisensi resmi os indos tsb, tidak apa2 juga kok untuk menggunakan yg aspal yg penting tetap diusahakan saja untuk tidak kena blacklist dari microsoft nanti. Hehehe....

De Widiani delete 2/1/14, 9:55 PM

hehe... iya siap, gak akan lupa :)

Rien Juli delete 2/4/14, 1:40 PM

Terimakasih untuk info yang kerennya gan. Semoga bermanfaat untuk pembaca...

Agung Talaga delete 2/4/14, 11:44 PM

Sama-sama sob dan terima kasih juga atas kunjungan dan tanggapannya untuk informasi di atas. O iya, salam kenal ya.. =D

Nandar Sunandar delete 2/5/14, 12:53 PM

wah makasih banget gan buat tips nya :) akan lebih diperhatikan lagi

Agung Talaga delete 2/6/14, 8:33 AM

Sama-sama sob dan terima kasih pula atas kunjungan serta tanggapannya untuk informasi di atas. Smoga bermanfaat buat sobat ya. :)

Nandar Sunandar delete 2/6/14, 2:09 PM

sipp. amiin :)

mampir ya http://nandarious.com/

adib abadi delete 2/6/14, 4:35 PM

mau tanya ms, laptop saya kok volume sama lodingnya lemot yah padahal saya beli baru, pertannyaanya, apakah itu kesalahan waktu nginstalnya ya ms? terimkasih.
Salam Hangat.

Agung Talaga delete 2/6/14, 10:32 PM

Siip sob, tunggu kunjungan dari saya ya.. =D

Agung Talaga delete 2/6/14, 10:37 PM

Untuk masalah volume dan loading laptopnya yg lemot, saya nda bisa bicara panjang lebar sob soalnya kecuali saya lihat langsung laptopnya baru bisa saya jelasin dimana letak permasalahannya yang jelasnya begini sob, tolong perhatikan spesifikasi perangkat keras laptopnya trus perhatikan juga dengan aplikasi2 yg telah diinstal, Bisa saja ada beberapa aplikasi yg sobat instal yang membutuhkan spesifikasi yg lumayan sementara spesifikasi laptopnya sobat pas2an. Manknya sobat pake OS apa di laptopnya trus kapasitas RAM-nya berapa?

Yazid System delete 2/6/14, 10:43 PM

klw saya si yang penting sudah menyiapkan driver2'a sob :)

Nandar Sunandar delete 2/6/14, 11:25 PM

oke deh :D

Agung Talaga delete 2/9/14, 7:46 PM

Yups... itu juga yang paling penting sob yang harus kita persiapkan sebelum menginstal sistem operasi windows pada PC/laptop tapi kayaknya untuk windows 8 tak perlu lagi driver ya. Pas setelah diinstal OS-nya, semua driver hardwarenya langsung konek semuanya. Saya juga masih agak samar2 mengenai hal ini soalnya jarang saya berhubungan dengan penginstalan windows 8 baik di PC saya maupun di Laptopnya teman. Makasih atas kunjungan dan komennya sob.. :)

rozikin roz delete 2/10/14, 4:26 PM

Jalan jalan sore sob mampir lagi buat nyimak ulang hehe

Agung Talaga delete 2/10/14, 4:34 PM

Makasih udah menyempatkan waktunya untuk jalan2 sore di halaman ini sob. Loh, sobat kan lagi sakit tuh mendingan cepat pulang istrahat sob.. :)

Saud Karrysta delete 2/11/14, 12:33 AM

Selamat Malam Mas Agung, hadir lagi kangen nih Mas
Saya rindu dengan blog nya Mas Agung, koq belum hadir juga
Artikel terbarunya yah sudah saya hadir kembali lagi di artikel
Yang bermanfaat ini. salam silaturrahmi :)

Saud Karrysta delete 2/11/14, 12:36 AM

Kunjungan maalam Mas Agung, simak lagi dengan
Seksama artikel yang bermanfaat sangat membantu
Saya dalam mengoprasikan komputer salam hormat selalu dan salam silaturrahmi :)

Ahmad Al Arify delete 2/19/14, 11:07 AM

makasih infonya, bisa saya jadikan inspirasi buat postingan saya selanjutnya kang, btw akang ni dari Talaga? Talaga mana ya?

Agung Talaga delete 2/20/14, 1:06 AM

Maaf baru saya reply komentarnya ya mas soalnya masih ada keperluan lain yg saya urus. Hehe.. Iya sob saya udah jarang nulis di blog ini dikarenakan ada satu dan lain hal yang membuat saya sudah malas untuk menulis di blog ini tapi berhubung sobat merasa rindu dengan postingan2 baru dari blog ini maka saya putuskan untuk tetap akan mengusahakan untuk menulis di blog ini. Makasih ya sobatku sayang sdh menyempatkan waktunya untuk berkunjung dan berkomentar di halaman ini. Mudah2an kalau ada waktu, saya akan berkunjung ke tempatnya sobat. So, tunggu kunjungan dari saya ya.. =D

Agung Talaga delete 2/20/14, 1:11 AM

Sama-sama sob dan syukurlah kalau tulisan saya di atas sudah menginspirasi sobat untuk mengembangkan topik ini. Iya sob saya dari Talaga tepatnya di Sulawesi Tenggara, Kabupaten Buton, Kecamatan Talaga Raya (Di Pulau Talaga dekatnya Pulau Kabaena). Mank sobat dari daerah mana?

prasetyo wijanarko delete 2/27/14, 2:57 PM

Cukup bagus untuk referensi, terus berkarya mas :)

Agung Talaga delete 2/27/14, 3:25 PM

Terima kasih atas supportnya mas dan makasih pula atas kunjungan dan komentarnya di halaman ini =D

rozikin roz delete 3/4/14, 3:39 PM

Jalan jalan lagi mudah2an empunya masih ingat sama saya

Agung Talaga delete 3/4/14, 9:27 PM

Makasih udah menyempatkan waktunya untuk berkunjung di blog saya yang hampir mati ini mas.

Farhan Maulana H delete 3/8/14, 9:48 PM

Terima kasih banyak tipsnya mas Agung Talaga, sangat bermanfaat!

Agung Talaga delete 3/8/14, 10:17 PM

Sama-sama mba dan syukurlah kalau informasi di atas sudah bermanfaat buat sobat serta terima kasih atas kunjungannya di halaman ini.. :)

rozikin roz delete 3/26/14, 2:20 PM

Yaampun sobat kok bicara nya begitu :'(

Muhammad fikriansyah delete 4/18/14, 3:10 PM

Lumayan nambah wawasan hehe di tunggu kunbalnya sob

Fiu S delete 4/20/14, 8:54 AM

asik... sy menemukan wahana baru untuk menambah pengetahuan ttg komputer .....heheheh salam kenal mas ....

PemainBola Terkaya delete 7/10/14, 5:19 PM

Thanks for a good information

Pulo Blog delete 1/19/15, 5:30 PM

Tipsnya lengkap banget sob.. ane banyak belajar dari blog ini.. semoga blog ane juga makin berkembang gan nantinya :)

Tombol Untuk Menulis Komentar pada Blog

Silahkan tinggalkan komentar Anda untuk menanggapi, mengkritik atau memberikan saran untuk Admin blog ini sehubungan dengan informasi di atas. Berkomentarlah dengan baik dan sesuai dengan isi postingan. Jika komentar Anda tidak dimunculkan, mungkin tidak sesuai dengan isi postingan atau mungkin langsung masuk kotak spam blog ini dan jangan menyertakan link aktif pada isi komentarnya. No Spam, SARA apalagi yang porno-porno