Shopee - Belanja Online, Gratis Ongkir dan Cashback

Tips Sebelum Menginstal Sistem Operasi Windows

| |
Tips Sebelum Menginstal Sistem Operasi Windows pada komputerTips Sebelum Menginstal Sistem Operasi Windows. Pengguna komputer makin hari makin meningkat. Pengguna teknologi ini hampir sudah menyentuh semua kalangan dan penggunaannya sudah tersebar diberbagai bidang mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, politik, desain grafis, bisnis dan berbagai bidang lainnya sehingga perkembangan teknologi ini dikelompokan dalam beberapa generasi mulai dari generasi pertama sampai generasi kelima yang sementara dirancang teknologinya dan sekedar informasi buat Anda yang sempat membaca tulisan ini bahwa salah satu negara yang turut serta dalam perancangan teknologi komputer generasi kelima ini adalah negara Jepang. Untuk hal ini saya kira kita sudah sama-sama mengetahuinya dan saya tak perlu lagi untuk menjelaskannya panjang lebar.

Sehubungan dengan pengguna teknologi komputer, ada satu hal yang masih menjadi pertanyaan saya hingga detik ini yaitu apakah masing-masing pengguna teknologi ini sudah mampu memasang atau menginstal sendiri sistem operasi pada komputernya?. Saya tak mungkin bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban ya atau tidak kan. Jawabannya saya kembalikan saja pada Anda yang sementara membaca tulisan ini. Sistem operasi yang saya maksud di sini adalah sistem operasi windows produk dari Microsoft mulai dari versi pertamanya hingga saat ini tapi yang menjadi fokus pembahasan saya kali ini yaitu pada Windows XP, windows vista, Windows 7 dan windows 8.

Dari beberapa versi sistem operasi windows yang sudah saya sebutkan di atas, pada dasarnya persiapan yang harus kita lakukan sebelum menginstalnya tidak akan jauh beda hanya saja ada akan sedikit berbeda nanti pada saat proses instalasinya yang sementara berlangsung dan untuk beberapa persiapan yang akan saya jelaskan sebentar, saya gabungkan saja pada saat kita mau memasang atau menginstal sistem operasi windows pada PC dan laptop. Adapun beberapa persiapan yang harus kita pahami sebelum menginstal sistem operasi windows pada PC atau laptop adalah sebagai berikut :
  • Hal pertama dan paling utama yang mesti dipersiapkan sebelum melakukan penginstalan sistem operasi windows pada komputer adalah program sistem operasi windows-nya entah itu dalam bentuk kaset ataupun dalam bentuk file ISO. File ISO saya maksudkan jika Anda akan menginstal sistem oprasi windows-nya lwat flashdisk. Kalau belum punya program OS Windows-nya, silahkan beli kasetnya atau silahkan cari di google dan download OS windows-nya. Bagi Anda yang akan menginstal OS Windows lewat flashdisk berarti ada beberapa hal lagi yang harus Anda ketahui dan beberapa hal tersebut mudah-mudahan akan saya bahas pada poastingan selanjutnya. Perlu diketahu pula bahwa masing-masing sistem operasi membutuhkan spesifikasi hardware (perangkat keras) komputer yang berbeda-beda mulai dari space Hardisk Drive, memori, VGA dan prosessor. Saya misalkan saja jika OS windows yang akan Anda instal adalah sistem operasi windows 8, maka spesifikasi yang dibutuhkan oleh sistem operasi ini yaitu untuk (Windows 8 32 Bit) : Prosesor : 1GHz atau lebih tinggi lebih baik, RAM / memori : 1GB, Hard disk space : 16GB, VGA atau Video card mendukung fitur Microsoft DirectX 9 atau lebih tinggi, Windows 8 32bit hanya mendukung RAM hingga 3GB. Untuk (Windows 8 64 Bit) : Prosesor : 1GHz atau lebih tinggi lebih baik, RAM / memori : 2GB, Hard disk space : 20GB, VGA atau Video card mendukung fitur Microsoft DirectX 9 disarankan lebih tinggi, Untuk RAM, Windows 8 64bit bisa lebih besar dari 3GB. kalau anda ingin Windows 8 berjalan dengan lancar, disarankan menggunakan RAM di atas 2GB. Seperti itulah spesifikasi hardware yang perlu diperhatikan.
  • Setelah program sistem operasi windows-nya sudah ada maka hal selanjutnya yang perlu kita perhatikan yaitu memeriksa beberapa perangkat komputer yang akan kita gunakan sebagai media instalasinya seperti CD/DVD Rom komputer. Apa masih bagus proses pembacaan pada kasetnya atau sudah tidak bagus karena jangan sampai hal ini membuat proses penginstalannya menjadi lambat atau malah gagal terus. Cara ceknya tinggal jalankan saja komputernya terus masukan kaset windows-nya. Jika berhasil terbaca maka proses instalnya mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar nanti.
  • Hal selanjutnya yang mesti diperhatikan juga yaitu apakah komputer Anda menggunakan sistem 32 Bit atau 64 Bit. Jika komputer Anda menggunakan sistem 32 bit berarti sistem operasi windows yang Anda gunakan harus versi 32 bit juga begitupun juga dengan 64 bit. Untuk cara mengetahui apakah komputer Anda masih menggunakan sistem 32 bit atau sudah menggunakan sistem 64 bit, silahkan menuju halaman ini : Cara Mengetahui Sistem 32 Bit atau 64 Bit pada komputer.

    Tips Sebelum Menginstal Sistem Operasi Windows pada komputer

    Untuk hal 32 bit dan 64 bit ini, mungkin kita bisa mendiskusikannya lebih jauh lewat komentar di bawah postingan ini soalnya jika saya jelaskan lebih detail lagi maka tulisannya akan semakin panjang nanti dan jangan sampai membuat Anda jadi bosan membaca tulisan ini. :-)
  • Hal selanjutnya yang mesti kita ketahui sebelum menginstal sistem operasi windows pada komputer adalah pemahaman kita tentang BIOS (Basic Input Output System). Kenapa saya menyarankan pada Anda untuk memahami bagian yang satu ini pada sistem komputer Anda, soalnya jika Anda belum memahami apa dan kenapa terus bagaimana melakukan pengaturan pada BIOS komputer atau setidaknya sudah mengetahui cara masuk pada BIOS ini, saya yakin proses instal windows tidak akan pernah berhasil alias gagal maning son. :-D. Beberapa hal yang perlu diketahui pada BIOS yaitu mulai dari cara masuknya, melakukan pengaturan pada bagian Boot Device Priority dan lain sebagainya.

    Tips Sebelum Menginstal Sistem Operasi Windows pada komputer

    Agak susah memang bagi saya untuk menjelaskan hal ini tanpa ada gambar contoh beberapa tampilan BIOS pada masing-masing PC/Laptop soalnya masing-masing komputer berbeda-beda tampilan dan susunan perintahnya tapi mudah-mudahan dengan penjelasan singkat tentang BIOS ini Anda sudah bisa mengambil gambaran awal tentang BIOS. ^_^
  • Setelah kita sudah memahami dengan baik apa yang harus kita lakukan pada BIOS komputer maka proses instal windows sudah bisa dipastikan akan sedikit berjalan lancar dan menurut saya untuk sementara itu saja hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan penginstalan sistem operasi windows pada komputer dan jika ada yang mau menambahkan, silahkan sob.
  • Sekedar tambahan saja, siapkan juga kaset driver dari PC/laptop Anda soalnya biasanya setelah proses instal selesai, ada beberapa hardware komputer yang mesti diinstal lagi aplikasi drivernya utamanya pada windows xp dan beberapa versi windows 7 yang saya temukan tapi untuk windows 8 kayaknya semua driver-nya akan terinstal semuanya bersamaan dengan pada saat proses instal sistem operasinya dan jika sudah tidak ada kaset drivernya, masih bisa kita lakukan proses instal drivernya dengan cara menggunakan fitur update windows otomatis yang sudah ada fiturnya pada sistem operasi windows khususnya windows vista, windows 7 dan windows 8.
  • Sekedar tambahan tips lagi sebelum melakukan penginstalan OS windows pada komputer, silahkan dibackup dulu data-data di komputernya. Biasanya data-data yang musti dibackup yaitu data-data yang berada di folder Libraries pada windows 7 dan windows 8 dan untuk windos xp, backup data-data yang ada di folder my document. Makasih buat Mas Tiyo Kamtiyono yang sudah mengingatkan saya akan hal ini.
Beberapa tips sebelum menginstal sistem operasi windows pada komputer yang sudah saya jelaskan di atas hanyalah sebagian dari sekian banyaknya persiapan yang harus Anda pahami. Itupun jika Anda ingin menginstal sendiri OS windows-nya pada komputer Anda.

Demikian informasi dari saya kali ini tentang tips sebelum menginstal sistem operasi windows pada komputer. Semoga apa yang sudah saya informasikan pada tulisan kali ini bisa memberikan gambaran awal untuk Anda yang lagi cari informasi tentang topik ini dan jika masih ada hal-hal yang perlu ditambahkan sehubungan dengan persiapan sebelum menginstal sistem operasi windows pada komputer, silahkan sampaikan lewat komentar di bawah postingan ini nanti pendapatnya saya tambahkan pada poin-poin yang sudah saya tuliskan sebelumnya dan sekalian saya akan sertakan dengan link blognya pada poin tersebut. Gimana ada yang mau tambahkan?

Bagikan :
Jika Anda menyukai informasi yang ada di blog ini, silahkan daftarkan email Anda untuk berlangganan informasi terbaru via email dengan begitu Anda akan mendapat kiriman informasi setiap ada postingan terbaru yang terbit dari blog Tips Trik Komputer. Sebelum berlangganan artikel terbaru dengan blog ini, silakan baca dulu Cara Berlangganan Artikel Blog. Terima kasih sudah berlangganan postingan terbaru dari blog ini.
Blog Tips Trik Komputer Via Subcribe