Shopee - Belanja Online, Gratis Ongkir dan Cashback

Cara Menyembunyikan Widget Blog Pada Halaman Tertentu

| |
Cara Menyembunyikan Widget Blog Pada Halaman TertentuCara Menyembunyikan Widget Blog Pada Halaman Tertentu. Menyembunyikan dan menampilkan widget blog pada halaman tertentu merupakan salah satu proses penataan widget blog yang menurut saya perlu diketahui dan diterapkan oleh sobat blogger pada blognya masing-masing. Saya menyarankan hal ini karena tata letak widget dan konten yang berkualitas juga merupakan kriteria penilaian tersendiri baik dari admin blog maupun pengunjung blog. Jika ditinjau dari segi keindahan tampilan blog, memang hal ini perlu kita terapkan pada blog. Hal ini pun berhubungan erat dengan cepat lambatnya loading blog. Siapa sih yang tidak mau kalau loading blognya cepat. Pasti semuanya mau kan. :D

Saya misalkan saja, ada beberapa sobat blogger yang telah menggunakan atau memasang widget related post dari layanan linkwithin. Pengaturan default dari widget ini, artikel terkait akan dimunculkan pada homepage blog dan halaman posting. Kalau untuk halaman posting saya kira wajar-wajar saja tapi kalau widget related post dari linkwithin ini dimunculkan juga pada homepage blog, maka akan berpengaruh juga kan untuk cepat lambat loading homepage serta penataan widget blog yang menurut saya kurang tepat. Hal ini cuma pendapat saya sendiri sob.

Sehubungan dengan penataan widget pada blog, ada pengalaman khusus yang saya dapatkan. Kan begini ceritanya, saya mau menghilangkan atau menyembunyikan widget iklan IdBlognetwork dari halaman daftar isi blog ini dengan alasan tertentu tapi untuk halaman lain widget iklan ini tetap muncul. Nah, saya teringat dengan salah satu artikel blog sobat blogger yang pernah saya kunjungi dulu yang berhubungan dengan hal ini. Saya coba praktekkan cara-cara yang dijelaskan pada artikel tersebut dengan meletakan kode yang saya tandai dengan warna merah di bawah ini pada kode widget iklan tersebut :
<b:widget id='HTML5' locked='false' title='' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://www.agungtalaga.com/2012/07/daftar-isi-blog-menurut-tanggal-posting.html&quot;'>
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h3 class='title'><center><data:title/></center></h3>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<center><data:content/></center>
</div>
</b:if>
</b:includable>
</b:widget>
Hasilnya malah tidak seperti yang saya harapkan. Widgetnya masih muncul di halaman yang saya maksud yaitu halaman Daftar Isi Blog Berdasarkan Tanggal Postingan.
Cara Menyembunyikan Widget Blog Pada Halaman Tertentu
Ketika saya coba buka halaman lain ternyata iklannya malah tersembunyi tapi masih ada jejaknya dan ini yang paling membuat saya tidak menyukainya.
Cara Menyembunyikan Widget Blog Pada Halaman Tertentu
Hal ini tidak membuat semangat saya surut begitu saja, akhirnya saya memutuskan untuk mencari cara lain. Cara lain pun saya temukan dan langsung mencobanya, kode yang saya gunakan sebetulnya sama dengan kode yang saya gunakan pada cara pertama hanya saja ada kode yang saya tambahkan dan penempatan kodenya yang berbeda. Kode yang saya gunakan pada cara kedua seperti di bawah ini dan kodenya saya letakkan tepat di bawah kode ]]></b:skin> :
<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://www.agungtalaga.com/2012/07/daftar-isi-blog-menurut-tanggal-posting.html&quot;'>
<style type='text/css'>
#HTML5 {display:none;}
</style>
</b:if>
Setelah saya simpan kodenya dan mencoba lagi untuk melihat hasilnya, alhamdulillah ternyata sudah berhasil disembunyikan dari halaman daftar isi tersebut. Saya coba lagi buka halaman lain dan ternyata widget iklannya tetap muncul. Kalau sobat mau lihat hasilnya, silahkan buka halaman daftar isi blog ini dan perhatikan widget iklan apa yang hilang dari halaman tersebut. :D

Pengalaman yang saya jelaskan di atas mungkin akan berbeda dengan yang akan sobat dapatkan. Tergantung template blog masing-masing. Kalaupun sama, langsung saja coba dengan menggunakan kode kedua yang saya gunakan di atas.

akhirnya selesai juga sharing pengalamannya hari ini tentang Cara Menyembunyikan Widget Blog Pada Halaman Tertentu yang langsung saya praktekkan pada blog ini. Silahkan sobat praktekkan sendiri pada blognya dan semoga tips blog ini bisa membantu sobat yang mendapatkan masalah seperti yang saya dapatkan ini.

Bagikan :
Jika Anda menyukai informasi yang ada di blog ini, silahkan daftarkan email Anda untuk berlangganan informasi terbaru via email dengan begitu Anda akan mendapat kiriman informasi setiap ada postingan terbaru yang terbit dari blog Tips Trik Komputer. Sebelum berlangganan artikel terbaru dengan blog ini, silakan baca dulu Cara Berlangganan Artikel Blog. Terima kasih sudah berlangganan postingan terbaru dari blog ini.
Blog Tips Trik Komputer Via Subcribe