Shopee - Belanja Online, Gratis Ongkir dan Cashback

Mengamankan Drive Laptop Dengan Bitlocker Drive Encryption Pada Windows 7

| |
Mengamankan Drive Laptop Dengan BitlockerMengamankan drive laptop dengan bitlocker atau mengamankan drive laptop Anda dengan bitlocker drive encryption pada windows 7, itulah topik yang akan saya bahas pada postingan kali ini. Salah satu fitur yang ada pada windows 7 yaitu Bitlocker Drive Encryption. Sedikit penjelasan tentang fitur yang satu ini, fitur ini merupakan tool untuk mengamankan data-data yang ada pada laptop atau PC yang tentunya bagi pengguna windows 7 dan untuk windows XP, saya kurang tau apakah tools ini ada pada windows tersebut atau tidak soalnya sudah lama tidak berinteraksi dengannya. :D. Tools ini mampu meningkatkan perlindungan data-data pribadi pada laptop atau PC terhadap pencurian data dan tentunya dari perlindungan virus juga (Berdasarkan pengalaman juga sih).

Sembari merangkai kata tentang topik ini, kopi hangat menemani aliran ide untuk merealisasikannya dalam sebuah tulisan (Intermezo). Hahaa... Lantas gimana cara penggunaannya, silakan ikuti langkahku :
  1. Silakan buka Control Panel pada laptop Anda, Caranya, klik icon start windows lalu pilih Control Panel.
  2. Setelah windows Control Panel terbuka, silakan klik atau pilih System And Security
  3. Pada langkah selanjutnya, langsung saja klik lagi Bitlocker Drive Encryption.
  4. Ok, pada windows selanjutnya lagi akan terlihat drive-drive yang ada pada laptop/pc Anda. Pada langkah ini, silakan tentukan drive mana yang akan Anda kunci dengan bitlocker. Misalkan aja pada saat saya menulis tutorial ini, yang saya pilih adalah drive (E) yang ada pada laptop saya. Kemudian pilih "Turn On Bitlocker"

    Mengamankan Drive Laptop Dengan Bitlocker

  5. Setelah Anda mengklik Turn Of Bitlocker, selanjutnya silakan tentukan cara Anda untuk membuka kunci bitlockernya yaitu dengan cara pakai password, smart card dan pilihan bitlocker otomatis terbuka pada saat komputer dijalankan (Kalau mau pilih yg ini, mendingan nda usah gunakan bitlocker untuk mengamankan data Anda. :D ). Pada tutorial ini saya pilih yang pertama yaitu menggunakan password untuk membuka bitlockernya. Jika ini yang Anda pilih, silakan masukan password Anda pada kolom pertama dan kedua (harus sama). Kalau sudah langsung next lagi.

    Mengamankan Drive Laptop Dengan Bitlocker

  6. Pada windows berikutnya, ada 3 pilihan dimana Anda akan menyimpan kode recovery dari drive yang akan dikunci tersebut. Adapun 3 pilihannya yaitu : Pertama - Save the recovery key to a USB Flash Drive (Untuk menyimpan recovery key dalam sebuah Flashdisk). Yang kedua - Save the recovery key to a file (Untuk menyimpan recovery key-nya dalam bentuk file notepad). Yang terakhir - Print the recovery key (Jika komputer Anda pada saat melakukan hal ini terhubung dengan printer yg aktif, nda ada salahnya untuk memilih pilihan yang ini). Dan yang saya pilih pada saat menulis artikel ini adalah pilihan yang pertama yaitu menyimpan kode recovery-nya pada sebuah flashdisk. Jika sudah selesai proses penyimpanan kode recoverynya, maka akan muncul informasi "Your Recovery Key Has Been Saved", lanjut dengan mengklik perintah next.
  7. Windows berikutnya, cuman sebagai konfirmasi saja apakah Anda sudah siap untuk melakukan enkripsi-nya. Jika sudah siap, langsung saja pilih Start Encrypting. Silakan tunggu proses encryptingnya sampai selesai. Waktu enkripsi tergantung dari banyaknya data pada drive tersebut. Semakin banyak datanya, semakin lama pula proses enkripsinya. Demi pertimbangan keamanan data, Anda mau menunggu kan. Menunggu prosesnya sampai selesai, sambil minum kopi hangat bro supaya nyantailah...
  8. Jika proses encryptingnya sudah selesai, langsung saja klik close dan silakan cek drive yang dikunci dengan bitlocker tadi maka icon akan langsung berubah menjadi drive yang terkunci (Ya iyalah mas, iconnya akan menjadi begitu, kan drivenya sudah dikunci.. :D )
Untuk memastikan proses pengunciannya sudah berhasil atau belum, silakan restart dulu laptop atau pc Anda. Jika ingin menerapkannya pada drive lain, silakan lakukan lagi langkah-langkah di atas.

Demikian tips mengamankan drive laptop dengan bitlocker drive encryption pada windows 7 kali ini dan jika ada yang salah dan kurang dipahami dari langkah-langkah di atas, silakan tuliskan komentar dan pertanyaannya. Semoga bisa membantu dalam mengamankan data-data pribadi Anda.

Bagikan :
Jika Anda menyukai informasi yang ada di blog ini, silahkan daftarkan email Anda untuk berlangganan informasi terbaru via email dengan begitu Anda akan mendapat kiriman informasi setiap ada postingan terbaru yang terbit dari blog Tips Trik Komputer. Sebelum berlangganan artikel terbaru dengan blog ini, silakan baca dulu Cara Berlangganan Artikel Blog. Terima kasih sudah berlangganan postingan terbaru dari blog ini.
Blog Tips Trik Komputer Via Subcribe