Shopee - Belanja Online, Gratis Ongkir dan Cashback

Cara Menonaktifkan Fitur Autoplay Pada Windows XP

| |
Cara Menonaktifkan Fitur Autoplay Pada Windows XPCara Menonaktifkan Fitur Autoplay Pada Windows XP. Tips dan trik ini sebelumnya saya sudah singgung juga pada postingan sebelumnya yaitu pada postingan Cara Menonaktifkan Autoplay Pada Windows 7. Dan untuk postingan kali ini, saya akan mencoba memberikan sedikit penjelasan tentang fitur bawaan dari Microsoft Windows yang satu ini. Tips ini kupersembahkan untuk teman-temanku yang memakai Sistem Operasi Windows XP pada laptop atau komputernya. Pada windows XP, fitur Autoplay ini, akan langsung ajalan pada saat kita menyambungkan salah satu media penyimpanan eksternal seperti Flash disk, Hard disk eksternal, CD or DVD.

Fitur ini akan memunculkan sejumlah pilihan aplikasi untuk membuka data-data atau file-file yang ada dalam media penyimpanan eksternal tersebut. Misalnya, jika dalam suatu flash disk kita tersimpan File Word, maka pada saat Anda menyambungkan atau mencolokkan Flash disk tersebut ke komputer atau laptop kalian, dengan otomatis fitur ini akan langsung dijalankan sebagai respon system operasi yang kita gunakan terhadap Media Eksternal tersebut.

Disis lain, fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna Windows sebagai kemudahan untuk mengakses data-data yang ada dalam media eksternal tersebut. Tapi disis lain, fitur ini telah dimanfaatkan oleh kawan kita yang lain yaitu para Virus Maker (Pembuat Virus) untuk menginfeksikan virus buatan mereka ke dalam system yang kita gunakan atau bahasa lainnya, fitur ini sebagai media untuk menjalankan Autorun virus jika terdapat dalam flash disk atau hard disk eksternal yang kita colok ke laptop atau komputer kita.

Kalau dipikir-pikir, ada juga bagusnya kalau kita langsung non aktifkan fitur ini untuk berjaga-jaga dari infeksi Virus yang hendak masuk ke dalam system operasi laptop. Kalau kawan mau mencoba tips ini, silakan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Langkah pertama silakan buka windows Run dengan cara tekan tombol Windows + R pada keyboard
  • Langkah kedua, silakan ketik gpedit.msc
  • Setelah terbuka Windows Group Policy, disitu ada satu item utama yaitu Local Computer Policy dan di bawahnya ada 2 sub item yaitu Computer Configuration dan User Configuration
  • Silakan kawan pilih User Configuration lalu pilih Administrative Templates
  • Setelah itu, silakan pilih lagi item berikutnya yaitu System dan bagian kanannya, silakan klik 2 kali Turn Off Autoplay maka akan muncul Windows Turn Off Autoplay Properties
  • Selanjutnya, aktifkan pilihan enabled serta pilih All Drives pada kotak pilihan Turn Off Autoplay on dan pilih Ok kalau sudah selesai
  • Setelah selesai, silakan coba masukan salah satu media penyimpanan eksternal. Misalnya, Flash disk dan perhatikan apa yang terjadi. Pasti fitur atoplaynya tidak akan jalan lagi
Jika fitur Autoplay masih tetap jalan, ada kemungkinan sistem operasi laptop atau komputer kawan sudah terinfeksi virus. Untuk itu silakan scan dulu system kalian dengan Anti Virus Update terbarunya.

Sampai disini saja dulu, kalau ada yang mau bertanya ataau complen atau mau menambahkan tentang hal di atas, silakan komentari artikel ini. Demi kemajuan bersama. Semoga bermanfaat dan selamat bereksperimen sendiri.

Bagikan :
Jika Anda menyukai informasi yang ada di blog ini, silahkan daftarkan email Anda untuk berlangganan informasi terbaru via email dengan begitu Anda akan mendapat kiriman informasi setiap ada postingan terbaru yang terbit dari blog Tips Trik Komputer. Sebelum berlangganan artikel terbaru dengan blog ini, silakan baca dulu Cara Berlangganan Artikel Blog. Terima kasih sudah berlangganan postingan terbaru dari blog ini.
Blog Tips Trik Komputer Via Subcribe