Shopee - Belanja Online, Gratis Ongkir dan Cashback

Tips Mencari Backlink Berkualitas

| |
Tips Mencari Backlink Berkualitas. Dalam dunia blogging, berbicara tentang backlink pasti ada banyak cara blogger dalam menjelaskannya untuk mencari dan mendapatkan backlink sesuai dengan pengalamannya sendiri. Sebelum saya lanjutkan pembahasannya perlu kita ingat kembali apa yang dimaksud dengan backlink? Backlink atau link balik merupakan sebuah tautan link yang bersumber dari blog sendiri ke situs atau blog orang lain atau sebaliknya. Kemudian yang perlu kita pahami sebelum mencari backlink adalah kembali pada topik utama blog yang sementara kita kelolah. Blog yang kita kelolah itu sebetulnya membahas tentang apa? Kenapa saya katakan demikian karena hal ini akan ada hubungannya nanti dengan yang namanya backlink berkualitas.

Nah, sehubungan dengan backlink berkualitas, saya mau share beberapa tips untuk mencari dan mendapatkan backlink berkualitas. Sobat-sobat blogger yang sementara meng-optimasi blog ataupun artikel blognya yang mungkin sementara diikutkan pada kontes seo, tips ini bisa juga kalian terapkan pada artikelnya. Berikut tipsnya :
  1. Tukar Link (Link Exchange)
    Cara yang pertama ini wajib untuk kita lakukan apalagi blog yang kita kelolah masih baru. Tapi hal yang perlu kita perhatikan dalam melakukan tukar link dengan blog lain, usahakan dulu yang se-nice dengan blog yang kita kelolah serta link blog disimpan pada homepage blog. Hal ini akan membuat blog mendapatkan backlink berkualitas.
  2. Berkomentar Pada Blog DoFollow Ber-pagerank Tinggi
    Dalam hal optimasi blog, berkomentar pada blog dofollow merupakan hal yang penting juga untuk meningkatkan kualitas blog. Sehubungan dengan hal ini, perlu saya ingatkan pula bahwa pada saat berkunjung ke blog dofollow, usahakan blog dofollow-nya se-nice dengan blog yang kita kelolah serta berkomentarlah sesuai dengan topik yang sementara dibahas pada salah satu artikel blog dofollow tersebut. Komentar yang relevan dengan topik kemungkinan besar akan langsung di approve oleh admin blog dofollow tersebut jika komentarnya dimoderasi. Serta tidak menutup kemungkinan juga admin blog dofollow tersebut akan berkunjung balik ke blog kita. Sekali lagi saya ingatkan usahakan komentarnya jangan terkesan hanya mencari backlink dan setelah berkomentar, tidak pernah berkunjung lagi ke blog dofollow tersebut.
  3. Submit Blog Ke Situs Social Bookmar (Sosbok)
    Social bookmark juga sangat bagus untuk mencari backlink berkualitas. Untuk situs social bookmark dalam negeri, saya biasa gunakan lintas.me dan infogue. Untuk situs sosial bookmark luar negeri, saya biasa gunakan digg dan delicious. Sobat blogger tinggal memilih saja dari situs social bookmark yang sudah saya sebutkan itu. Sebetulnya masih banyak situs social bookmark yang lainnya. Sobat tinggal googling saja, sudah banyak sobat blogger yang membahas tentang topik ini. Intinya dengan men-submit blog ke situs social bookmark, bukan hanya backlink berkualitas yang akan kita dapatkan tapi trafik pengunjung pun akan meningkat pula.
  4. Daftarkan Blog Ke Situs Direktori
    Situs direktori yang saya maksud disini adalah situs untuk mempromosikan blog kita agar mendapatkan backlink serta trafik pengunjung dari situs direktori tersebut. Hal ini pun saya sudah lakukan pada blog Share With Agung Talaga ini. Adapun situs direktori yang sudah saya daftarkan untuk blog ini seperti Blog Ranking, Blogged, Bloggerlist, Bloggertopsites, Bloglog, Bloglovin, Blogtopsite, dan lain-lain. Situs-situs direktori tersebut sudah mendukung blog ini untuk mendapatkan pagerank dari google serta meningkatkan link alexa blog ini.
  5. Berkomentar Pada Blog Dengan Fitur CoomentLuv
    Hal ini sekedar tambahan saja jika sobat ingin mencari backlink berkualitas yaitu dengan berkomentar pada blog yang menggunakan fasilitas atau plugins commentLuv pada komentar blognya. Sehubungan dengan fitur commentLuv, ada dua model yang saya temukan pada saat blogwalking pada blog-blog yang memasang fitur ini pada komentar blognya yaitu, URL yang kita gunakan sebagai link dari nama komentar dan artikel terbaru yang dimunculkan oleh fitur commentluv didofollowkan dua-duanya dan ada juga yang didofollowkan cuma artikel terbaru yang dimunculkan oleh fitur commentluv. Lebih lengkapnya tentang fitur commentluv ini, silahkan sobat baca saja artikel saya sebelumnya yaitu pada topik pembahasan Cara Memasang CommentLuv Pada Blog dan Daftar Blog Dengan Fitur CommentLuv.
Demikian informasi dari saya tentang tips seo untuk mengoptimasi blog yaitu Tips Mencari Backlink Berkualitas. Semoga bermanfaat buat sobat blogger sekalian dan saya tunggu tanggapannya jika ada yang perlu kita diskusikan pada postingan ini. Keep Blogging.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut tentang blog, komputer dan internet, saya bisa dihubungi pada akun facebook dan twitter saya.. :D

Bagikan :
Jika Anda menyukai informasi yang ada di blog ini, silahkan daftarkan email Anda untuk berlangganan informasi terbaru via email dengan begitu Anda akan mendapat kiriman informasi setiap ada postingan terbaru yang terbit dari blog Tips Trik Komputer. Sebelum berlangganan artikel terbaru dengan blog ini, silakan baca dulu Cara Berlangganan Artikel Blog. Terima kasih sudah berlangganan postingan terbaru dari blog ini.
Blog Tips Trik Komputer Via Subcribe