Shopee - Belanja Online, Gratis Ongkir dan Cashback

Memasang Deskripsi Artikel Blog Ketika Dishare Ke Facebook Dan Google

| |
Memasang Deskripsi Artikel Blog Ketika Di Share Ke Facebook Dan GoogleMemasang Deskripsi Artikel Blog Ketika Dishare Ke Facebook Dan Google. Saya agak bingung sebetulnya untuk menentukan judul artikel pada tips blog kali ini soalnya judul sebetulnya dari artikel ini yaitu Cara Memasang atau Membuat Deskripsi Singkat dan Otomatis Pada Setiap Artikel Blog Ketika Dishare Ke Facebook, Google +1 dan Social Network lainnya terlalu panjang untuk saya patenkan dan jangan sampai tidak bagus juga hasil indeksnya nanti di search engine google dan bing. Jadi, dengan berbagai pertimbangan dan cara agar judul artikelnya seo friendly serta enak dibaca, saya persingkat menjadi Memasang Deskripsi Artikel Blog Ketika Di Share Ke Facebook Dan Google. Sedikit informasi dari judul yang saya pakai ini memiliki persaingan pada hasil pencarian yaitu 332.000 hasil pencarian. Hal ini berarti judul yang saya pakai pada artikel ini memiliki peluang yang bagus dalam untuk muncul di halaman pertama search engine. Semoga saja ya.

Lanjut ke topik utama, deskripsi singkat dan otomatis yang saya maksudkan pada artikel ini yaitu ketika kita menyebarkan alias mempromosikan link blog ataupun link artikel blog ke facebook atau google +1, biasanya ketika link tersebut di post pada social network tersebut akan butuh beberapa detik untuk memunculkan informasi dari link yang akan kita share. Beberapa hari yang lalu memang saya sengaja mengamati hal ini sambil mendiskusikannya pada salah satu teman blogger juga dan akan ada perbedaan ketika sobat akan menerapkan hal yang akan saya share ini dan tidak melakukan atau menerapkannya sama sekali pada blognya. Kan tidak bagus juga kelihatannya kalau link yang kita share tersebut nampang begitu saja tanpa ada deskripsi sedikitpun yang kita sertakan untuk mewakili link artikel blog. Kurang lebih hasil dari tips blog yang akan saya share lewat artikel ini yaitu seperti screenshot di bawah ini.

Memasang Deskripsi Artikel Blog Ketika Di Share Ke Facebook Dan Google

Memasang Deskripsi Artikel Blog Ketika Di Share Ke Facebook Dan Google

Deskripsi singkat yang saya tandai dengan kotak biru pada gambar di atas, kita tuliskan memang pada fitur "deskripsi penelusuran" saat membuat artikel baru. Fitur deskripsi penelusuran ini sobat bisa lihat di sebelah kanan kolom penulisan artikel baru.

Memasang Deskripsi Artikel Blog Ketika Di Share Ke Facebook Dan Google

Kotak pengisian deskripsi penelusuran di atas tak akan muncul pada halaman pembuatan postingan bila Anda belum mengaktifkan deskripsi penelusuran yang ada pada halaman "Preferensi Penelusuran". Untuk mengaktifkan dan memunculkan kotak deskripsi penelusuran tersebut pada halaman pembuatan postingan baru pada blog Anda, silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti pada gambar berikut.

Memasang Deskripsi Artikel Blog Ketika Di Share Ke Facebook Dan Google

Untuk memunculkan deskripsi singkat artikel baru yang sudah kita tuliskan pada kolom deskripsi penelusuran itu, hal selanjutnya yang perlu kita lakukan yaitu menambahkan kode di pemanggil yang diletakkan tepat di bawah kode ini :

<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>

Atau yang ini :

<title><data:blog.pageName/></title>

Ini dia kode pemanggil deskripsi singkat tersebut :

<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.metaDescription' name='description'/>
</b:if>

Informasi Tambahan
Deskripsi singkat yang kita masukan pada kotak deskripsi penelusuran setiap membuat postingan baru, akan muncul beberapa hari kemudian jika artikelnya dishare ke facebook artinya butuh proses penyesuaian sementara ketika artikelnya dishare ke Google Plus One, sebelumnya cara yang saya jelaskan ini deskripsi singkatnya langsung bisa dimunculkan oleh kode yang kita tambahkan di atas tapi sekarang sudah ada perubahan pada blogger dan google plus one sehingga kode pemanggil deskripsi singkat di atas tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Olehnya itu kita harus meninjau kembali kode template blog masing. Beberapa hari yang lalu saya coba mencari solusinya dan ternyata yang membuat deskripsi singkat tersebut tak lagi muncul ketika postingan dishare ke google plus one adalah Kode Untuk Memunculkan Rating Bintang atau Kode Untuk Memunculkan gambar postingan pada hasil pencarian google dan saya sudah melakukan hal itu pada blog saya ini sehingga deskripsi singkat otomatisnya sudah bisa dimunculkan lagi ketika postingan dari blog ini dishare ke google plus one. Untuk cara yang saya gunakan ini mungkin belum akan saya publih karena berhubung kode template pada masing-masing blog itu berbeda-beda. Saya harus melakukan beberapa percobaan lagi untuk mendukung postingan saya sebagai tindak lanjut dari permasalahan ini.

Demikian informasi dari saya tentang tips blog Memasang Deskripsi Artikel Blog Ketika Dishare Ke Facebook Dan Google. Silahkan sobat praktekkan pada blognya sendiri dan semoga bermanfaat buat sobat blogger. Sekalian tanggapan atau pertanyaannya jika ada yang kurang jelas pada penjelasan saya di atas.

Bagikan :
Jika Anda menyukai informasi yang ada di blog ini, silahkan daftarkan email Anda untuk berlangganan informasi terbaru via email dengan begitu Anda akan mendapat kiriman informasi setiap ada postingan terbaru yang terbit dari blog Tips Trik Komputer. Sebelum berlangganan artikel terbaru dengan blog ini, silakan baca dulu Cara Berlangganan Artikel Blog. Terima kasih sudah berlangganan postingan terbaru dari blog ini.
Blog Tips Trik Komputer Via Subcribe