Shopee - Belanja Online, Gratis Ongkir dan Cashback

Cara Membuat Daftar Isi Blog Berdasarkan Tanggal

| |
Daftar Isi Blog Berdasarkan Tanggal PostinganCara Membuat atau Memasang Daftar Isi Blog Berdasarkan Tanggal Postingan. Itulah tips blog yang akan saya share pada postingan kali ini. Daftar isi merupakan salah satu widget atau fasilitas blog yang wajib menurut saya untuk dipasang pada blog. Kenapa saya katakan demikian, dengan daftar isi inilah teman-teman pengunjung blog akan lebih muda dalam menelusuri informasi-informasi yang ada pada blog. Mungkin hal ini juga bersumber dari pengalaman saya ketika mengunjungi blog teman-teman, hal pertama yang saya lakukan adalah mencari menu daftar isinya atau biasa dikasih nama sitemap. Saya kira teman-teman lebih paham dari saya tentang hal ini. Daftar isi yang akan saya informasikan ini, bisa dipasang di sidebar atau disimpan dihalaman statik atau bisa juga sebagai postingan. Silakan sobat pilih sendiri dimana mau disimpan.

Sebagai gambaran awal dari yang akan saya jelaskan sebentar, silakan sobat lihat dulu demo - Daftar Isi Berdasarkan Tanggal Posting yang sudah saya share sebelumnya. Jika tertarik untuk memasangnya pada blognya, silakan lanjutkan membacanya tapi jika tidak, informasi ini hanyalah opsional untuk diterapkan pada blognya. Bagi teman-teman yang mau lanjutkan sampai ke cara pemasangannya, silakan ikuti cara-cara berikut ini :

Memasang Daftar Isi Berdasarkan Tanggal Postingan Sebagai Postingan
Untuk cara yang ini, langkah-langkahnya seperti pada saat sobat mau buat postingan baru atau artikel baru pada blognya dan perlu diingat, kode dipaste atau diletakkan pada mode HTML bukan pada areal compose. Untuk bahasanya, sobat tinggal sesuaikan saja dengan bahasa sobat sendiri. Silakan copy kode dibawah ini dan paste pada area HTML postingan baru sobat.
<div style="background-color: #F5F9FD; border: 2px double #CCC; height: 500px; margin: auto; overflow: auto; padding: 3px; text-align: left; width: 510px;">
<script src="http://share-with-agung-talaga.googlecode.com/files/daftar-isi-berdasarkan-tanggal.js"></script>
<script src="http://www.agungtalaga.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script></div>
Silakan ganti http://www.agungtalaga.com/ dengan URL blog sobat. Untuk width, height, text-align, sobat sesuaikan dengan keinginan sendiri saja. Kalau sudah siap semuanya, langsung saja dipublish artikel daftar isinya atau bisa juga di preview atau pratinjau dulu.

Memasang Daftar Isi Berdasarkan Tanggal Postingan Sebagai Widget
Untuk cara yang ini pun sobat bisa melakukannya seperti pada saat akan menambahkan widget baru pada blognya dengan memilih pilihan widget HTML/JavaScript lalu paste kode daftar isi di atas pada area konten. Untuk pengaturan lainnya, sesuaikan juga dengan kondisi areal sidebar blog sobat.

Memasang Daftar Isi Berdasarkan Tanggal Postingan Pada Halaman Static Blog
Nah, untuk cara yang ketiga ini kayaknya butuh penjelasan lebih detail untuk cara-cara memasangnya. Mari kita lanjutkan dan saya asumsikan sobat dalam keadaan login pada akun blogger.
  1. Pada halaman dasbor blog, silakan klik nama blognya untuk masuk ke halaman overview atau ikhtisar.
  2. Pada halaman overview, silakan klik menu page atau laman
  3. Setelah berada pada halaman pembuatan halaman statik, silakan sobat pilih menu laman baru atau new page kemudian pilih lagi menu laman kosong atau blank page.
  4. Daftar Isi Blog Berdasarkan Tanggal Postingan
  5. Langkah selanjutnya, silakan sobat paste kode di atas pada area atau mode HTML dan seperti biasa, lakukan pengaturan yang lain sesuai dengan keinginan sobat.
  6. Sebelum dipublish, alangkah baiknya dipratinjau dulu halaman daftar isi blognya. Jika sudah mantap langsung saja dipublish. Untuk menempatkannya pada menu blog sobat, silakan klik kanan pada judul halaman statik blog sobat yang baru saja dipublish terus pilih menu salin alamat tautan (Google Chrome) atau Copy Link Location (Modzila Firefox) dan paste linknya pada menu horizontal blog sobat.
Alhamdulillah akhirnya selesai juga Cara Membuat atau Memasang Daftar Isi Blog Berdasarkan Tanggal Postingan. Semoga bermanfaat bagi yang sempat membaca dan menerapkan cara ini pada blognya. Saya minta maaf jika bahasa saya kurang pas mungkin menurut sobat karena saya hanyalah manusia biasa yang selalu berusaha untuk menjadi lebih baik. Silakan tinggalkan komentarnya jika ada yang perlu dikomentari atau dipertanyakan.

Silakan baca juga artikel daftar isi blog saya yang ini :
  1. Cara Membuat Daftar Isi Blog Dengan JQuery
  2. Tips Memasang Daftar Isi Pada Blog
Bagikan :
Jika Anda menyukai informasi yang ada di blog ini, silahkan daftarkan email Anda untuk berlangganan informasi terbaru via email dengan begitu Anda akan mendapat kiriman informasi setiap ada postingan terbaru yang terbit dari blog Tips Trik Komputer. Sebelum berlangganan artikel terbaru dengan blog ini, silakan baca dulu Cara Berlangganan Artikel Blog. Terima kasih sudah berlangganan postingan terbaru dari blog ini.
Blog Tips Trik Komputer Via Subcribe