Shopee - Belanja Online, Gratis Ongkir dan Cashback

Cara Memasang CommentLuv Pada Blog

| |
Cara Memasang CommentLuv Pada BlogCara Memasang CommentLuv Pada Blog. Pada tips blog kali ini saya akan mencoba share informasi tentang Cara Memasang CommentLuv Pada Blog. Plugins CommentLuv merupakan fitur yang dirancang untuk memudahkan para pengunjung suatu blog atau web dalam meninggalkan komentar ataupun tanggapannya terhadap topik yang dibahas pada blog atau web yang dikunjunginya. Plugins ini juga menyediakan beberapa pilihan akun seperti facebook, twitter, wordpress dan lain-lain tergantung dari pengaturan pemasangannya. Blog-blog yang menerapkan hal ini akan memberikan kemudahan kepada pengunjungnya untuk menyertakan artikel terakhir yang mereka tulis pada blognya.

Manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memasang plugins ini pada blog, salah satunya seperti yang sudah saya singgung sebelumnya kemudian baik blog atau web yang dikomentari maupun yang memberi komentar akan sama-sama mendapatkan backlink apalagi plugins commentluv dipasang pada blog dofollow juga akan mendapatkan backlink tambahan pula. :D. Sebagai gambaran awal dari plugins commentluv ini, silakan perhatikan gambar berikut ini :
Cara Memasang CommentLuv Pada Blog

Jika ingin memasang plugins commentluv pada blognya, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :
  1. Silakan kunjungi situsnya dan buat dulu akun Anda di Intensedebate. Pada halaman tersebut, silakan klik Sign Up kemudian masukan data-data Anda untuk melakukan pendaftaran. Pada bagian bawah ada 2 pilihan yaitu I want to create an account to comment dan I want to install IntenseDebate on my blog or website. Silakan aktifkan pilihan yang kedua jika ingin memasang plugins commentluv pada blog Anda. Selanjutnya silakan klik lagi Sign Up. Jika pendaftaran Anda berhasil, maka akan ada pemberitahuan bahwa link verifikasi akun Anda telah dikirim ke email yang digunakan tadi pada saat melakukan pendaftaran. Silakan cek email dari IntenseDebate Notifications. Silakan buka pesannya dan klik link yang disertakan untuk memverifikasi akun Anda.
  2. Setelah diklik linknya, maka akan ada lagi pemberitahuan bahwa akun Anda telah berhasil diverifikasi. Selamat Anda telah berhasil membuat akun di intensedebate. Pada halaman tersebut, Anda bisa melakukan pengaturan lainnya tapi silakan fokus dulu pada informasi yang selanjutnya. OK, masih pada halaman verifikasi sukses tadi, silakan klik menu Extras dan pada halaman selanjutnya silakan klik "Install IntenseDebate on your blog/website" untuk memasang plugins commentluv pada kode template blog Anda.
  3. Halaman selanjutnya, silakan masukan url blog Anda misalnya http://agungtalaga.blogspot.com kemudian klik next step (Tunggu prosesnya sampai muncul halaman Install IntenseDebate).
  4. Pada halaman Install IntenseDebate ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan yaitu pada pilihan "All new posts (Recommended)" maksudnya plugins commentluv ini hanya dimunculkan pada postingan terbaru di blog dan untuk pilihan kedua yaitu "On all blog posts" maksudnya plugins commentluv akan dimunculkan pada semua postingan yang telah Anda buat dan otomatis komentar-komentar yang sudah masuk sebelumnya, tidak akan dimunculkan pada fitur commentluv ini. Silakan tentukan sendiri pilihan Anda. Kalau saya rekomendasikan untuk memilih pilihan yang pertama. Jika ya, lanjutkan lagi ke langkah selanjutnya.
  5. Pada langkah yang kesekian ini, silakan download atau backup dulu kode template blog Anda. caranya : silakan login ke akun blogger Anda kemudian pada halaman dasbor silakan klik nama blog Anda atau langsung saja klik tanda panah kecil di samping menu view blog lalu pilih template. Pada halaman template, silakan klik backup/restore kemudian klik download full template
  6. Setelah dibackup templatenya, kembali lagi pada halaman Install IntenseDebate tadi lalu klik browse untuk upload kode template blog yang sudah di backup tadi. Jika sudah dipilih file templatenya, lanjutkan dengan mengklik upload file and continue (tunggu proses uploadnya sampai selesai).
  7. Rilex dulu sejenak sob.
  8. Lanjut lagi, setelah file templatenya berhasil di upload, maka pada halaman selanjutnya silakan copy kode template yang sudah disisipkan plugins commentluv tersebut dan untuk memudahkan pemasangannya, paste kode yang sudah dicopy tadi pada notepad lalu simpan dengan ekstensi (.xml) misalnya : kode template with commentluv.xml dan untuk save as type pilih All files lalu klik save.
  9. Jika sudah disave kode templatenya, kembali lagi ke halaman template blog Anda lalu pilih backup/restore. Klik browse untuk mencari dan memasukan kode yang Anda save dari notepad tadi lalu klik upload. Tunggu sampai proses pemasangan tempalate with plugins commentluv-nya selesai.
  10. Kalau sudah selesai prosesnya, silakan reload atau refresh atau muat ulang halaman blog Anda lalu klik salah satu artikel blog Anda dan silakan lihat sendiri apa fitur commentluv sudah terpasang atau belum.
Secara default, pengaturan plugins commentluv untuk mendeteksi artikel terbaru dari si pemberi komentar pada blog, belum terpasang dan untuk memasangnya, silakan login lagi ke akun indensedebate-nya. Pada halaman dasbor akun Anda, silakan pilih menu Site dan klik link blognya. Pada halaman selanjutnya silakan pilih menu plugins dan klik "Active" pada fitur commentluv. Jika sudah diaktifkan, silakan buka lagi salah satu artikel blog Anda dan bandingkan fiturnya dengan pertama kali terpasang tadi. Untuk fitur-fitur lainnya, silakan bereksperimen sendiri.

Demikian informasi saya tentang Cara Memasang CommentLuv Pada Blog. Jika ada yang salah dengan informasi di atas, jangan lupa untuk memberikan sarannya. Kalaupun juga ada yang belum paham mungkin terlalu panjang caranya, silakan cari tutorial lainnya di google ataupun yahoo serta Bing yang mungkin lebih simpel membahas tentang Cara Memasang CommentLuv Pada Blog. Mohon maaf sebelumnya jika ada kata yang salah.

Bagikan :
Jika Anda menyukai informasi yang ada di blog ini, silahkan daftarkan email Anda untuk berlangganan informasi terbaru via email dengan begitu Anda akan mendapat kiriman informasi setiap ada postingan terbaru yang terbit dari blog Tips Trik Komputer. Sebelum berlangganan artikel terbaru dengan blog ini, silakan baca dulu Cara Berlangganan Artikel Blog. Terima kasih sudah berlangganan postingan terbaru dari blog ini.
Blog Tips Trik Komputer Via Subcribe