Shopee - Belanja Online, Gratis Ongkir dan Cashback

Cara Melindungi Dokumen Word Agar Tidak Bisa Diedit Lagi

| |
keamanan data dokumen word
File Word
Pada postingan sebelumnya Share With Agung Talaga sudah pernah membahas artikel tentang Cara Mengamankan File Word dan File Excel. Dan pada postingan kali ini Share With Agung Talaga akaan membahas Cara Melindungi Dokumen Word Agar Tidak Bisa Diedit Lagi. Ya itulah judul postingan yang akan saya share pada kesempatan kali ini. Tapi sebelumnya Share With Agung Talaga akan memberikan sedikit gambaran tentang hal ini.

Ilustrasi pertamanya begini. Setelah membuat atau menulis dokumen di Microsoft Word (Microsoft Office Office 2007) dan semuanya sudah siap dan tidak ada lagi yang akan diedit, silakan lakukan cara-cara yang akan saya jelaskan sebentar demi pertimbangan keamanan pada dokumen yang telah Anda buat misalnya file tugas kuliah, skripsi dan lain-lain.

Langsung saja saya sebutkan langkah-langkah Cara Melindungi Dokumen Word Agar Tidak Bisa Diedit Lagi. Berikut langkah-langkahnya :

Langkah Pertama
Sebagai contoh saja untuk tutorial ini, silakan buka dokumen word Anda yang sudah jadi yang tidak akan diedit lagi. Setelah terbuka, silakan klik logo Microsoft Office Word yang berada disebelah kiri atas halaman word.

keamanan data dokumen word
Office Button

Langkah Kedua
Silakan pilih Prepare dan pilih Mark As Final. Jika Muncul peringatan "This document will be marked as final and then saved", pilih OK.

keamanan data dokumen word
Prepare - Mark as Final

Untuk memastikan apakah dokumennya sudah ter-marked, silakan coba blok sebagian dokumen Anda lalu tekan backspace atau delete pada keyboard dan perhatikan apa yang terjadi. Tentunya teks-nya tidak akan terhapus kan. Perhatikan juga menu pada office word maka akan langsung non aktif. Atau bisa juga Anda perhatikan icon Mark as final seperti gambar berikut.

keamanan data dokumen word
Icon Mark as Final

Jika dikemudian hari anda hendak mengedit lagi dokumen yang sudah dimarked tadi, langkah untuk menonaktifkan marked-nya, silakan pilih lagi Prepare dan klik Mark As Final.

Demikian artikel dari Share With Agung Talaga tentang Cara Melindungi Dokumen Word Agar Tidak Bisa Diedit Lagi. Semoga dengan tips dan trik keamanan data ini, dokumen Anda akan aman dari orang-orang yang tak bertanggungjawab. Saran dan kritik Anda saya tunggu demi kemajuan kita bersama. Terima kasih....

Bagikan :
Jika Anda menyukai informasi yang ada di blog ini, silahkan daftarkan email Anda untuk berlangganan informasi terbaru via email dengan begitu Anda akan mendapat kiriman informasi setiap ada postingan terbaru yang terbit dari blog Tips Trik Komputer. Sebelum berlangganan artikel terbaru dengan blog ini, silakan baca dulu Cara Berlangganan Artikel Blog. Terima kasih sudah berlangganan postingan terbaru dari blog ini.
Blog Tips Trik Komputer Via Subcribe