Shopee - Belanja Online, Gratis Ongkir dan Cashback

Tips Menggunakan Komputer Dan Spesifikasi Hardware Yang Dibutuhkan

| |
Personal Computer
Tips Menggunakan Komputer Dan Spesifikasi Hardware Yang Dibutuhkan. Kita harus jeli dan cermat dalam memilih hardware komputer. Hardware yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Percuma saja memilih komputer dengan spesifikasi tinggi tetapi hanya digunakan untuk mengetik. Hal ini tentu saja merupakan pemborosan. Namun pasti akan sangat mengecewakan jika kita bermain game menggunakan komputer yang kurang bagus. Disamping itu, saya juga perlu mengingatkan agar selalu berhati-hati dalam memilih hardware komputer. Karena saat ini sudah banyak beredar komponen hardware-hardware aspal (Asli atau Palsu). Agar tidak kecewa dikemudian hari, carilah dengan cermat, atau bagi yang masih awam, sebaiknya carilah ditempat-tempat yang terpercaya. Jangan lupakan pula garansi produk hardware tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Berikut ini saya akan memberikan tips memilih hardware komputer untuk digunakan. baik untuk para gamer dan pengguna biasa.

Komputer Untuk Office dan Internet
Jika komputer hanya digunakan untuk menjalankan program office dan aplikasi internet, disarankan tidak perlu komputer dengan spesifikasi tinggi. Hal ini karena akan menghasilkan ketidakseimbangan antara kinerja dan dana yang dikeluarkan. Untuk itu, kita cukup menggunakan komputer dengan spesifikasi sebagai berikut :
Prosesor : Intel Pentium III atau IV. Memori : DDRAM 512 MB. Kemudian untuk VGA Card dan Sound Card-nya Onboard.

Komputer Untuk Multimedia
Untuk menjalankan aplikasi multimedia dan hiburan, disarankan menggunakan komputer dengan spesifikasi menengah, tetapi dengan sound card speaker yang bagus (format suara 5.1 ke atas). Jangan lupa lengkapi dengan monitor ukuran 17" dan perangkat hiburan lainnya, seperti TV Turner, dan TV Capture. Prosesor : Cukup Intel Pentium IV keluaran awal. Memori : DDRAM 512 MB. VGA Card : Ge Force MX-460 dengan kapasitas 64 MB DDR.

Komputer Untuk Desain Grafis
Untuk keperluan desain grafis, disarankan untuk menggunakan komputer dengan spesifikasi di atas rata-rata. Hal ini karena dibutuhkan komputer dengan performanceyang baik dan tampilan detail grafik yang tinggi. Lebih baik lagi jika menggunakan monitor ukuran 17". Prosesor : Intel Pentium IV atau AMD Barton. Memori : DDRAM 1 GB. VGA card : Ge Force 3 Titanium dengan kapasitas 512 MB DDR atau yang sekelas.

Komputer Untuk Game
Komputer untuk game memerlukan spesifikasi yang tinggi. Selain membutuhkan performance dan tampilan detail grafik yang baik, juga diperlukan VGA card yang mampu mendukung 3D, supaya lebih sempurna, dukungan monitor ukuran 17" tidak dapat dielakkan. Kartu suara di atas rata-rata dipadukan dengan speaker yang baik akan memberikan kenikmatan bermain bagi para gamers. Spesifikasi yang dibutuhkan minimal seperti ini, prosesor : Intel Pentium IV 2,53 B atau di atasnya. Memori : DDRAM 1 GB. VGA Card : AGP 8x kelas Ge Force FX-5900 atau ATI Radeon 9700 pro atau yang terbaru dengan kapasitas 256 MB DDR.

Gamers biasanya menggunakan komputernya dalam waktu yang lama, sehingga komputer bekerja keras dan tingkat suhunya di atas rata-rata. Oleh karena itu, sistem pendinginan pada komputer harus berjalan dengan baik. Kita harus menambah kipas pendingin agar udara panas bisa keluar dengan cepat.

Komputer Untuk Server
Komponen-komponen komputer yang digunakan sebagai server harus memiliki spesifikasi yang tinggi. Komponen yang dipilih juga harus memiliki life time yang relatif lama. Perlu diingat bahwa komputer server digunakan secara terus menerus, bahkan bisa mencapai berbulan-bulan nonstop. Komputer server ini juga harus memilki kestabilan dan kecepatan transfer data yang tinggi. Agar komputer server bekerja dengan optimal, prosesor yang digunakan harus memilki cache memory tinggi. Berikut spesifikasi minimalnya, prosesor : Intel Pentium Xeon atau Itanium dan AMD MP yang memiliki cache memory hingga 2 MB. Memori : DD/RD-RAM di atas 3 GB. Motherboard : Yang memiliki interface SCSI dengan kapasitas di atas 200 GB. VGA dan Sound Card tidak perlu spesifikasi tinggi, menggunakan yang onboardpun tidak masalah.

Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu kita dalam memilih dan menggunakan teknologi yang satu ini yaitu "Komputer" dan semoga bermanfaat. Thanks....

Bagikan :
Jika Anda menyukai informasi yang ada di blog ini, silahkan daftarkan email Anda untuk berlangganan informasi terbaru via email dengan begitu Anda akan mendapat kiriman informasi setiap ada postingan terbaru yang terbit dari blog Tips Trik Komputer. Sebelum berlangganan artikel terbaru dengan blog ini, silakan baca dulu Cara Berlangganan Artikel Blog. Terima kasih sudah berlangganan postingan terbaru dari blog ini.
Blog Tips Trik Komputer Via Subcribe