Shopee - Belanja Online, Gratis Ongkir dan Cashback

Cara Menonaktifkan AutoPlay Pada Windows 7

| |
Menonaktifkan AutoPlay Pada Windows 7
Menonaktifkan AutoPlay Pada Windows 7. Pada postingan kali ini, saya akan memcoba menjelaskan bagaimnana menonaktifkan AutoPlay pada windows 7. Tapi sebelum itu, sudahkah Anda tau, apa itu AutoPlay pada windows?? Ok, kalo gitu saya jelasin dulu sedikit. AutoPlay atau aplikasi autoPlay pada windows adalah sebuah aplikasi windows yang berfungsi untuk mendeteksi setiap perangkat keras (Hardware) yang dicolokan atau disambungkan ke komputer dan langsung menampilkan aplikasi-aplikasi yang akan digunakan untuk membuka data-data yang ada di dalam perangkat keras tersebut.

Setelah membaca penjelasan singkat di atas, sepintas aplikasi AutoPlay tersebut memberikan kemudahan bagi pengguna windows tapi disisi lain, aplikasi Autoplay tersebut dimanfaatkan oleh para Virus maker (Pembuat Virus) untuk memasukan virus dikomputer sasarannya. Jadi, untuk mengantisipasi hal ini, alangkah baiknya aplikasi AutoPlay dinonaktifkan saja. Adapun langkah-langkah untuk menonaktifkan AutoPlay windows 7 tersebut adalah sbb :
  • Pilih All program lalu Accessories dan klik run atau tekan tombol windows + R pada keyboard
  • Setelah itu ketik gpedit.msc untuk masuk di Local Group Policy Editor
  • Pilih Administrative Templates
  • Pilih windows component
  • Pilih AutoPlay policies
  • Disebelah kanan muncul beberapa pilihan dan klik 2 kali Turn Off AutoPlay
  • Maka akan muncul tampilan Turn Off AutoPlay
  •  Pilih Enable dan All Drivers pada kotak option
  • Setlah itu pilih Apply dan klik Ok
Untuk melihat perubahan yang telah kita lakukan tadi, coba anda colokan Flash Disk atau masukan kaset CD?DVD pada CD/DVD Rom, setelah alat - alat tersebut mulai dibaca oleh sistem komputer, aplikasi AutoPlay tidak muncul lagi. Jika masih muncul, ulangi langkah - langkah yang saya sudah jelaskan di atas.

Demikian artikel tentang cara menonaktifkan AutoPlay pada windows 7 dan semoga bermanfaat. Tambahan : Pada Local Group Policy Editor tadi, masih banyak pengaturan - pengaturan yang bisa kita lakukan tapi saya tidak akan bahas pada postingan kali ini. Mungkin dipostingan berikutnya saya akan jelaskan pengaturan - pengaturan lain yang bisa kita lakukan di Local Group Policy Editor.

Bagikan :
Jika Anda menyukai informasi yang ada di blog ini, silahkan daftarkan email Anda untuk berlangganan informasi terbaru via email dengan begitu Anda akan mendapat kiriman informasi setiap ada postingan terbaru yang terbit dari blog Tips Trik Komputer. Sebelum berlangganan artikel terbaru dengan blog ini, silakan baca dulu Cara Berlangganan Artikel Blog. Terima kasih sudah berlangganan postingan terbaru dari blog ini.
Blog Tips Trik Komputer Via Subcribe